TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Burung ini Bisa Terbang Nonstop Selama 10 Bulan

Tak heran bila berjuluk 'mesin terbang yang paling kuat di dunia.'
Burung ini Bisa Terbang Nonstop Selama 10 Bulan
Burung layang-layang (Flickr/Stefan Berndtsson)

VIVA.co.id – Para peneliti dari Lund University di Swedia menyatakan burung swift, atau lebih dikenal dengan burung layang-layang, mampu terbang tanpa mendarat dalam waktu sepuluh bulan. 

Salah seorang dari tim peneliti, Susanne Akesson menyatakan, setiap tahun burung swift akan menghabiskan waktu sepuluh bulan tanpa mendarat. Dengan kemampuan itu, peneliti tak ragu burung tersebut terbukti menjadi 'mesin' terbang yang paling kuat di dunia.

Dikutip dari Tech Times, Jumat 28 Oktober 2016, ilmuwan universitas di Swedia tersebut telah meneliti sejak 2013 hingga 2014. Sebanyak 19 burung swift mereka pasangi alat untuk mendeteksi keberadaan belasan burung swift itu. Setelah beberapa bulan kemudian, para ilmuwan kembali menemukan burung-burung tersebut. 

Menurut Akesson dan rekan-rekannya, burung swift kemungkinan istirahat terbang, hanya untuk menghindari cuaca yang buruk. 

Penerbangan tampaknya mereka lakukan tanpa henti. Peneliti menyebutkan burung ini tidak selalu perlu untuk berhenti sejenak tidur. Para peneliti mengatakan, tidak ada yang tahu persis kapan burung swift memilih untuk tidur dan untuk berapa lama.

"Mereka makan di udara, mereka kawin di udara, mereka mendapatkan bahan sarang di udara. Mereka bisa saja mendarat di sarang, cabang (pohon)  atau rumah. Tapi mereka tidak bisa benar-benar mendarat di tanah," jelas Akesson.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP