Bolehkah Makan Sebelum atau Setelah Berolahraga?

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • Pixabay/provideos

VIVA.co.id – Melakukan olahraga untuk meningkatkan kebugaran, seringkali membuat banyak orang merasa sudah cukup sehat. Banyak dari mereka yang berpikir tidak perlu terlalu memerhatikan asupan makanan.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Padahal, pemilihan makanan usai berolahraga juga harus diperhatikan, agar hasil yang didapatkan juga lebih maksimal.

"Jika Anda tidak memilih makanan yang tepat, maka olahraga yang dilakukan tidak akan berjalan baik. Makanan juga masih bagian dari program berolahraga," ujar ahli gizi, Nancy Clark, RD, dikutip dari laman Huffington post.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Seusai berolahraga seperti bersepeda ringan selama 30 menit, jika masih terasa kenyang, maka tidak perlu memaksakan untuk mengonsumsi makanan. Sama halnya seusai Yoga dan Pilates, jika memang merasa belum lapar, maka tidak dianjurkan untuk segera mengonsumsi makanan.

Namun beberapa jenis olahraga seperti berlari atau bersepeda dalam waktu lama, atau aktivitas apapun yang memompa jantung, maka membutuhkan konsumsi makan setelahnya. Dan sebaiknya, makan dalam jeda waktu 20 hingga 30 menit setelah beraktivitas.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Disarankan juga untuk konsumsi makanan segera setelah olahraga pada mereka yang berolahraga di waktu pagi hari dan belum mengonsumsi apa pun sebelum beraktivitas. Sebab, mengonsumsi makanan seusai berolahraga di waktu pagi, bisa terhitung sebagai waktu sarapan Anda.

Dengan mengonsumsi makanan, akan menjauhkan Anda dari keinginan mengonsumsi camilan atau makanan kecil yang memberikan kalori dua kali lipat pada tubuh. Tidak hanya itu, dengan tidak konsumsi camilan, maka rasa lapar bisa ditahan karena perut telah diisi oleh makanan yang bergizi.

Pemilik Eleat Sports Nutrition, Angie Asche, RD, memberikan sedikit tips untuk membuat makanan yang baik dikonsumsi seusai berolahraga. Menurutnya, Anda hanya butuh dua butir telur untuk membuat omelet dengan kombinasi sayuran. Tidak lupa ditemani dengan gelas berisi gandum, nut butter dan potongan buah pisang.

Ilustrasi sarapan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya