Dua Sumber Makanan Penting Wajib Dikonsumsi Usai Olahraga

Ilustrasi lari
Sumber :
  • REUTERS/David W Cerny

VIVA.co.id – Tubuh manusia memang membutuhkan banyak sumber makanan untuk memberikan tenaga usai beraktivitas. Tak terkecuali setelah berolahraga. Sebab, ada dua kunci sumber makanan penting yang harus dikonsumsi.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Tidak peduli seperti apa bentuk olahraganya, otot Anda akan selalu membutuhkan dua sumber makronutrien penting yakni karbohidrat dan protein. Namun, kebutuhan akan keduanya, bergantung pada seberapa keras Anda berolahraga, entah itu aktivitas mengangkat beban atau aktivitas untuk memompa jantung.

Kedua hal itu sangat dibutuhkan tubuh, sebab untuk mengembalikan energi yang hilang saat digunakan dengan berolahraha. Di mana, karbohidrat digunakan untuk mengembalikan glikogen dan protein untuk membangun kembali jaringan otot, seperti dikutip dari laman Huffington Post.

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Rekomendasi karbohidrat yang disarankan yaitu 0,5 gram per kilogram berat badan untuk olahraga selama 30 hingga 60 menit dan tambahan 1,5 gram per kilogram berat badan, untuk olahraga selama dua jam.

Untuk protein, disarankan dengan porsi 10 hingga 15 gram dalam waktu berolahraga selama satu jam. Sumber protein baik seperti kacang, susu, telur dan daging merah.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Nah, berbeda lagi untuk mereka yang memang ingin menurunkan berat badannya, di mana porsi antara karbohidrat dan protein disarankan dengan perbandingan 2:1. Misalnya, setengah gelas cottage keju dan nanas, setengah potong sandwich daging turkey dengan roti gandum seutuhnya.

Namun, perbandingan lebih besar juga diberikan pada mereka yang berlari dengan track cukup panjang, yang berarti memompa jantung lebih lama. Direkomendasikan perbandingan antara karbohidrat dan protein yaitu 4:1.

Terlebih, bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan bersamaan dengan olahraga tersebut, disarankan mengonsumsi karbohidrat rendah glikemik (rendah gula). Disarankan memilih buah kering atau kentang bakar. Bisa juga memilih segelas smoothie dengan yogurt, pisang dan buah beri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya