TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Siswa SMA Sidoarjo Sukses Bikin Kursi Roda Android

Kursi roda itu dinamakan robot Ansont.
Siswa SMA Sidoarjo Sukses Bikin Kursi Roda Android
Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Twitter/@smamda_sda)

VIVA.co.id – Tiga siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Jawa Timur, berhasil menciptakan kursi roda multifungsi berbasis Android. Kursi roda multifungsi ini diberi nama Android System and Orientation Sense Transportation (Ansont). Fungsi Ansont memudahkan segala pekerjaan mengangkut dan memindahkan barang serta orang. 

Hasil karya ini berhasil menyabet juara pertama pada lomba Science Project dalam Pekan Rakyat Fisika di Universitas Indonesia.

Dilatarbelakangi dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan Android dan smartphone, serta semakin tingginya kebutuhan alat transportasi yang dibutuhkan masyarakat, tiga pelajar sebuah SMA itu yaitu Satrio Adi, Lutfhiatul dan Shafira berhasil menciptakan robot Ansont, robot kursi transportasi dengan remote Android atau smartphone.

Berbekal uang sekitar Rp5 juta yang didapat dari sekolah, dan waktu sekitar 10 hari, tiga pelajar mencipatakan robot itu.
 
Ditinjau dari segi penggunaannya, robot transportasi dengan remote Android ini cukup mudah digunakan untuk berbagai kalangan. Pemakai cukup duduk di atas kursi robot, untuk kemudian menjalankannya dengan menggunakan Android yang sudah terkoneksi dengan rangkaian elektrik yang berhasil dirakit oleh penciptanya.
 
Sementara itu, dari segi pembuatannya, robot Ansont, atau robot transportasi yang dijalankan dengan media Android ini, menggunakan komponen elektronik yang sederhana, di antaranya driver motor, aki, dinamo, motodici, serta sejumlah kabel penghubung.
 
Saat ini, kecepatan robot kursi transportasi dengan remote Android ini hanya mampu melaju sekitar 12 kilometer per jam.
 
Laporan: Win Arrizal/Sidoarjo/Jawa Timur
 

(asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP