TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

'Mobil Terbang' Bos Google Muncul di California

Mobil terbang itu sempat melayang rendah di Bandara Hollister.
'Mobil Terbang' Bos Google Muncul di California
Penampakan yang dinilai mobil terbang buatan perusahaan pendiri Google, Zee.Aero (www.montereyherald.com/Steve Eggleston)

VIVA.co.id – Warga distrik Hollister, California Amerika Serikat pada awal pekan ini dikejutkan dengan penampakan sebuah kendaraan di Bandara Hollister. Kendaraan tersebut dinilai para orang yang melihatnya bukan sebagai pesawat, tapi kenapa berada di Bandara. 

Menurut para saksi mata, kendaraan aneh itu dari kejauhan tampak seperti pesawat kecil, dan sempat melayang 25 kaki di atas tanah serta menghasilkan suara sebanding dengan motor listrik yang keras. 

"Itu terdengar seperti motor listrik," kata Steve Eggleston, asisten manajer sebuah perusahaan yang berkantor di bandara tersebut, seperti dikutip dari Montereuherald, Rabu 26 Oktober 2016. 

Kesaksian itu juga diungkapkan oleh seorang pelayan toko di Bandara itu, Brittany Rodriguez yang mengaku heran dengan penampakan itu. 

"Itu baru saja melayang," kata dia. 

Eggleston mengatakan, dia sempat merekam momen saat di aspal bandara dan dia menggambarkan kendaraan itu punya sayap tunggal dengan struktur seperti polong di bagian belakang. Dengan penampakan itu, Eggleston meyakini kendaraan itu merupakan mobil terbang milik pendiri Google, Larry Page. 

Namun pengguna Twitter yang melihat foto unggahan akun @tombed, menilai penampakan kendaraan yang dimaksud bukan mobil terbang tapi lebih kepada pesawat mini. Sementara pengguna lain berpendapat kendaraan yang dimaksud adalah kendaraan golf. 

Terlepas dari itu semua, kabar mobil terbang buatan bos Google itu memang sudah berhembus sejak beberapa tahun lalu. Pada 2010, dikutip Sputnik, Page meluncurkan Zee.Aero, perusahaan yang punya misi membangun kendaraan dengan lepas landas vertikal dan punya kemampuan mendarat. Zee.Aero saat itu menegaskan misi mereka untuk merevolusi bentuk baru dari transportasi. 

Untuk mewujudkan misinya, Zee.Aero mempekerjakan para insinyur dari sektor penerbangan misalnya  Badan Antariksa AS (NASA), Boeing dan SpaceX. 

Menurut gambar paten, mobil terbang buatan perusahaan bos Google itu berupa jet dengan sayap pada hidung dan ekor kendaraan. Selain itu mobil terbang ini punya delapan pendorong yang disokong oleh delapan mesin. 

Selain mendirikan Zee.Aero, Larry Page juga mulai mendirikan perusahaan lain bernama Kitty Hawk. Perusahaan ini tak jauh beda dengan Zee.Aero, ingin membangun mobil terbang menggunakan desain berbeda dari Zee.Aero. 

Menariknya kantor kedua perusahaan ini tak berjarak jauh, hanya terpisah beberapa mil saja.  

Sejauh ini, setidaknya ada delapan perusahaan dari berbagai negara yang berambisi membuat mobil terbang. Selain dua perusahaan milik Page, ada Terrafugia (Amerika Serikat), Aviation Industry Corporation of China (Tiongkok), PAL-V (Belanda), e-volo and Carplane (Jerman) dan Aeromobil (Slovakia). 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP