Mengenal Jamboard, Papan Tulis Canggih Buatan Google

Papan tulis digital Google Jamboard
Sumber :
  • www.recode.net/Google

VIVA.co.id – Google kembali menelurkan inovasinya. Kali ini perusahaan internet raksasa itu merilis papan tulis pintar bernama Jamboard.

Google Rilis Fitur Cari Lowongan Kerja

Jamboard merupakan papan tulis digital yang terkoneksi dengan jaringan komputasi awan (cloud), berlayar sentuh 4K 55 inchi, menjalankan Android dan berbagai aplikasi. 

Dikutip dari Recode, Rabu 26 Oktober 2016, Jamboard juga dilengkapi dengan kamera dan pelantang suara (speaker), Wi-Fi dan mampu mengenali setidaknya 16 akses sentuhan. 

Deretan Enam Inovasi Baru Google

Jamboard memang dihadirkan untuk mendukung kebutuhan rapat, atau kantor yang umumnya membutuhkan media untuk presentasi. Makanya untuk memudahkan, Jamboard bisa ditempelkan di dinding atau diposisikan berdiri dan dapat digeser dengan bertumpu pada roda. 

Google menjelaskan, kemunculan Jamboard untuk mendefinisikan ulang gaya rapat pada masa digital saat ini. 

Google Diam-diam Bikin Platform Lowongan Pekerjaan

"Kami hari ini telah mengenalkan Jamboard, papan tulis digital kolaboratif yang memudahkan tim Anda untuk berbagi gagasan real time dan menciptakan gagasan tanpa batas. Kami membawa papan tulis ini ke dalam komputasi awan," jelas Produk Manajer G Suite Google, TJ Varghese dalam keterangan di blog perusahaan. 

Nah bagaimana menggunakan Jamboard ini? Google menjelaskan, pengguna bisa menggambar, menulis, mengimpor dan mencorat-coret gambar dan Google Docs, melakukan pencarian melalui browser mini, berkomunikasi dengan kolega melalui Google Hangout sampai menyimpan rekaman digital pekerjaan di Google Drive. 

Menariknya lagi, tim bisa menggunakan beragam Jamboard untuk bekerja bersama dalam satu proyek secara real time, tentunya dengan dukungan akses internet yang stabil. 

Bagi pekerja atau pengguna yang tak memiliki Jamboard, juga bisa ikut mengerjakan proyek atau berdiskusi dengan aplikasi tablet maupun smartphone untuk iOS dan Android. Google memastikan skema ini bisa bekerja, sebab mereka telah mengujinya dengan melibatkan sekitar 30 tim internal dan tim eksternal dari Netflix maupun Spotify.

Google mengatakan, akan menjual Jamboard mulai tahun depan dengan harga di bawah US$6 ribu atau Rp78 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya