Ambisi Emtek Jadikan BBM Sebagai Super App

Emtek menjelaskan tentang aplikasi BBM
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Layanan BlackBerry Messenger (BBM) telah menjadi 'merah putih' usai dikuasai oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) sejak Juni 2016. Emtek berambisi membawa BBM tak sekedar layanan pesan instan saja tapi mereka berambisi menjadikan BBM sebagai super apps.

Aplikasi Pesan Instan Ini Bisa Kirim SMS hingga Video Tanpa Internet

Hal itu diungkapkan oleh Senior Vice President Emtek Digital, Laode Hartanto ditemui di Kantor Bukalapak, Kemang, Jakarta, Selasa malam, 25 Oktober 2016. Laode menyampaikan, untuk menuju BBM jadi super apps ini, Emtek akan mengintegrasikannya di berbagai perusahaan yang dibawah naungan Emtek.

“Kami akan bawa BBM menjadi super apps di akhir tahun ini. Berbagai fitur akan kami bawa untuk dimasukkan ke platform BBM, sehingga tak hanya digunakan keperluan chat saja, tapi bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya," ucap Laode.

Palapa, Aplikasi Pesan Instan Lokal yang Siap Menggeser WhatsApp

Saat ini beberapa fitur yang sudah mulai secara bertahap ditanam di BBM oleh Emtek, di antaranya isi pulsa, beli token listrik, bayar BPJS Kesehatan, bayar cicilan, layanan streaming terintegrasi dengan Vidio.com, hingga voucher.

"Isi pulsa misalnya itu akan dipotong dari pulsa kita, nanti ke depannya akan berbagai metode pembayarannya. Saat ini, Emtek belum memiliki perusahaan yang bergerak di payment gateway," ucap pria berkaca mata ini.

Ini Zalo, Aplikasi Pesan Instan yang Sukses Tumbangkan WhatsApp

Menariknya, dalam pesan instan yang dilakukan melalui BBM, memungkinkan pembicaraannya yang terjadi tidak akan mudah di-screenshoot. "Kalau di layanan pesan instan lain itu bisa screenshoot, tapi di BBM tidak. Tentunya, kalau pengguna menggunakan private chat saat berkomunikasi," kata dia.

Dengan banyaknya fitur-fitur yang ada di BBM, maka kemungkinan aplikasi tersebut menjadi berat. Tetapi, Laode memastikan, hal itu tidak akan terjadi. Sebab, Emtek terus melakukan cara agar BBM terasa ringan dipakai.

"Kami usahakan tidak akan berat, seperti versi lite saja, tapi kami tidak punya BBM lite. Enggak akan ada jam pasir yang pending itu lagi," ucap Laode.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya