Wujud Spesies Baru Berkaki 414, Tak Bermata dengan 4 Penis

Kaki seribu Illacme tobini
  • www.eurekalert.org/Paul Marek/Virginia Tech

VIVA.co.id – Dua ilmuwan dan seorang konsultan biologi tak menyangka menemukan hewan yang sangat unik. Dua pakar yang khusus mempelajari hewan kaki seribu (diplopodologis) bernama Bill Shear and Paul Marek dan konsultan Jean Krejca menemukan hewan kaki seribu (milipede) yang unik, yaitu memiliki 414 kaki, tanpa mata, punya 200 kelenjar racun, rambut sutra rahasia dan empat penis. Hewan unik tersebut adalah kaki seribu yang punya nama ilmiah, Illacme tobini.

Viral Anjing Laut Raksasa Berkeliaran Bikin Resah Warga

Dikutip dari Eureke Alert, Selasa 25 Oktober 2016, hewan kaki seribu tanpa mata itu belum lama ini ditemukan di gua Taman Nasional Sequoia, pegunungan Sierra Nevada selatan di California, Amerika Serikat.

Setelah dipelajari, hewan kaki seribu itu merupakan jenis kedua hewan yang punya kaki terbanyak. Sebelumnya, hewan kaki seribu dengan kaki terbanyak yaitu Illacme plenipes dengan 750 kaki, ditemukan di dekat kawasan San Juan Bautista, California, Amerika Serikat.

Geger Hiu Tampang Seram Teror Makhluk Lain

"Saya tak pernah menyangka menemukan spesies hewan dengan kaki terbanyak Bumi di gua 240 kilometer," kata Paul Marek, kandidat profesor Entomology Departement di Virginia Tech, AS.

Dalam meneliti kaki seribu tobini, peneliti melihat ada fungsi misterius dari mulut yang tampak aneh. Selain itu, peneliti menjelaskan ada empat kaki yang diubah menjadi penis. Pasangan kaki pada urutan kesembilan dan kesepuluh merupakan gonopod, yang mana dimanfaatkan sebagai penis yang bisa menyemburkan sperma ke betina.

8 Hewan Bisa Kenali Diri Sendiri saat Bercermin, Ada Khas Indonesia

Menariknya untuk melindungi diri dari serangan musuh, masing-masing lebih dari 100 pasangan kaki mampu menyemprotkan cairan kimia sebagai pertahanan.

Penis pada kaki seribu Illacme tobini