TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Pesawat Tempur Multiperan Terunggul Bakal Mejeng di RI

Saab akan tampilan Gripen generasi terbaru di Indo Defence 2016.
Pesawat Tempur Multiperan Terunggul Bakal Mejeng di RI
Pesawat Gripen Tiger (www.saab.com)

VIVA.co.id – Saab, perusahaan yang bergerak di bidang produksi pesawat dan sistem militer asal Swedia, menyatakan kesiapannya untuk mengikuti perhelatannya Indo Defence 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 2-5 November 2016. Sejumlah alat utama sistem persenjataan  termutakhir buatan Saab akan dipamerkan pada acara tahunan tersebut.

Kepala Saab Indonesia, Peter Carlqvist, mengatakan pesawat tempur Gripen akan menjadi andalan Saab untuk dipamerkan di Indo Denfence nanti. Sejauh ini JAS39 Gripen telah dibuat hingga versi JAS39 Gripen A/B, JAS39 Gripen C/D, dan JAS39 Gripen NG (E/F) yang teknologinya melengkapi pesawat tempur di kelasnya.

"Kami akan menampilkan Gripen generasi terbaru. Gripen yang pertama dilengkapi dengan integrasi dan pengoperasian jarak jauh BVR (Beyond Visual Range) Missile Meteor," ucap Carlqvist di Kantornya, Jakarta, Selasa, 25 Oktober 2016.

Gripen dirancang oleh Saab untuk dapat melesat melakukan misi udara ke udara, udara ke darat, dan misi pengintaian serta membawa berbagai beban pada misi yang sama. Gripen merupakan pesawat tempur multi peran paling unggul pada pasar dunia, dan biaya operasionalnya 10 kali lipat lebih rendah dari pesawat Sukhoi.

Carlqvist mengatakan, Gripen dilengkapi sensor teknologi tinggi, Tautan Data Taktis (Tactical Data Link), sistem perencanaan misi dan fusi sensor yang memberikan pilot kewaspadaan situasi yang tak tertandingi di dalam lingkungan peperangan jaringan sentris masa kini.

Bahkan, kata dia, rudal RBS15 juga sudah terintegrasi dan dapat dioperasikan. Dengan demikian, hal itu memastikan bahwa Gripen memiliki keunggulan yang taktis dari semua pesawat tempur multi peran yang ada di pasar.

Pada Indo Defence 2016, Saab akan menyediakan Gripen Cockpit Simulator, sehingga masyarakat yang datang dapat merasakan pengalaman menunggangi sebuah jet tempur buatan Saab.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP