TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Tak Mau Kalah dengan XL, Telkomsel Pamer 5G

Teknologi 5G itu masih uji coba dengan gandeng Huawei.
Tak Mau Kalah dengan XL, Telkomsel Pamer 5G
Uji coba teknologi 5G Telkomsel-Huawei (Telkomsel)

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu PT XL Axiata Tbk (XL) menggelar implementasi 4,5G. PT Telkomsel tak mau kalah dengan menghadirkan teknologi akses internet selular yang setara dengan 5G.

Meski demikian, teknologi 5G yang dibangun oleh Telkomsel masih berupa uji coba dengan bekerja sama dengan Huawei untuk implementasinya. Meski, berupa uji coba, tetapi itu merupakan pertama kali di Indonesia yang diklaim menembus kecepatan data lebih dari 1 Gbps.

Hasil tersebut berkat penerapan penggabungan teknologi antena 4x4 Multiple-Input Multiple-Output (MIMO), teknologi modulasi 256-Quadrature Amplitude Modulation (QAM), dan LTE Licensed-Assisted Access (LAA). Dengan teknologi ini maka akan dimungkinkan terjadinya peningkatan kapasitas dan efisiensi secara signifikan dari jaringan 4G yang ada saat ini.

"Uji coba teknologi seluler 1 Gbps ini merupakan salah satu tahapan menuju diimplementasikannya teknologi 5G di Indonesia. Kami telah mempersiapkan jaringan yang handal untuk memastikan uji coba ini berjalan dengan lancar. Kesiapan dalam uji coba 1 Gbps ini mempertegas komitmen Telkomsel untuk selalu menjadi yang terdepan dalam penerapan roadmap teknologi broadband terkini," ujar Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi melalui keterangan tertulis, Selasa, 25 Oktober 2016.

Untuk diketahui, teknologi LAA memungkinkan penggunaan spektrum unlicensed 5,8 GHz sebagai spektrum tambahan di samping spektrum LTE utama untuk meningkatkan kecepatan akses data. Tidak seperti uji coba teknologi LAA sebelumnya, kali ini Telkomsel melakukannya dengan menggabungkan teknologi baru yang lainnya, yaitu 4x4 MIMO dan 256-QAM sehingga kecepatan akses data bisa melebihi 1 Gbps.

"Dengan penggabungan teknologi-teknologi tersebut, maka peningkatan kecepatan data mencapai lebih dari empat kali lipat dari uji coba teknologi LAA sebelumnya," ucapnya.

Sukardi menjelaskan, Telkomsel selalu berupaya untuk mendorong terciptanya ekosistem digital yang lengkap di Indonesia, selain device (perangkat) dan application (aplikasi), juga dibutuhkan network (jaringan) yang handal untuk menopang kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan data yang berkualitas.

Komitmen Telkomsel dalam menyediakan jaringan broadband yang handal juga dapat dilihat dari digelarnya lebih dari 5.200 eNode B (BTS 4G) yang melayani sekitar 10 juta pelanggan 4G LTE di lebih dari 150 kota kabupaten di Indonesia hingga saat ini.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP