Polytron Siapkan Smartphone dengan Fingerprint Sensor

Peluncuran smartphone 4G Polytron ZAP 5
Sumber :
  • Vivanews/Agus

VIVA.co.id – Keamanan sebuah perangkat, khususnya smartphone, terus mengalami peningkatan. Mulai dari penggunaan PIN, password, sandi pola, dan kini memindai retina dan sidik jari.

Smartphone Baru Samsung, Realme dan Xiaomi Rilis Pekan Ini

Beberapa merek smartphone telah mengaplikasikan sistem keamanan perangkat dengan mengadopsi pemindaian sidik jari (finger print). Mereka beralasan jika penggunaan fingerprint lebih mudah diaplikasikan oleh para pemakai smartphone karena sistem yang digunakan untuk mengunci dan membuka sistem selalu di bawa ke mana-mana, sidik jari.

Fingerprint menghilangkan keresahan pengguna yang kerap lupa sandi, yang biasa dialami orang tua karena faktor usia.

Xiaomi Pamer Kamera Depan di Bawah Layar

Menjawab kebutuhan dan tantangan tersebut di atas, produsen smartphone lokal, Polytron mengklaim akan ikut mengadopsi sistem keamanan fingerprint dalam produksi terbarunya nanti. 

"Fingerprint sensor memungkinkan kecepatan dalam membuka smartphone hanya dalam waktu 0,2 detik saja. Kami berencana mengadopsinya untuk smartphone terbaru yang akan meluncur dalam waktu dekat," ujar pihak Polytron dalam keterangannya, Selasa 25 Oktober 2016.

Realme C12 Siap Meluncur, Ini Bocoran Prosesor dan Baterainya

Kabarnya, jika tidak ada perubahan jadwal maka smartphone terbaru itu akan segera dirilis pada awal November tahun ini.

Menurut pihak yang tidak ingin disebutkan namanya itu, penggunaan fingerprint sensor Polytron itu cukup mudah, cepat, dan aman. Pengguna hanya harus menempelkan saja sidik jari pada touchpad sensor fingerprint yang berada di belakang tepat di bawah lensa kamera

Menarik dan uniknya, letak atau posisi fingerprint sensor ada pada bagian belakang layar. Tepatnya persis di bawah lensa kamera utama. Posisi fingerprint sensor dan touch ID di belakang bukanlah hal yang aneh. 

"Riset dan penelitian yang sudah dilakukan oleh Polytron, posisi tersebut justru sangat memudahkan penggunanya dalam menempelkan sidik jari. Tak mengherankan, tidak hanya Polytron, vendor smartphone lain pun ada yang mengikuti jejak langkah Polytron dalam hal posisi atau peletakan fingerprint sensor dan touch ID di belakang," katanya.

Ini bukan kali pertama Polytron merilis smartphone dengan teknologi fingerprint. Sebelumnya Polytron  sudah memperkenalkan generasi Polytron Zap 6 dengan fingerprint sensor dan touch ID. Fitur fingerprint sensor dan touch ID pada generasi smartphone yang sebentar lagi akan dirilis mengalami peningkatan yang signifikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya