TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Polytron Siapkan Smartphone dengan Fingerprint Sensor

Smartphone itu bakal hadir dalam waktu dekat ini.
Polytron Siapkan Smartphone dengan Fingerprint Sensor
Peluncuran smartphone 4G Polytron ZAP 5 (Vivanews/Agus)

VIVA.co.id – Keamanan sebuah perangkat, khususnya smartphone, terus mengalami peningkatan. Mulai dari penggunaan PIN, password, sandi pola, dan kini memindai retina dan sidik jari.

Beberapa merek smartphone telah mengaplikasikan sistem keamanan perangkat dengan mengadopsi pemindaian sidik jari (finger print). Mereka beralasan jika penggunaan fingerprint lebih mudah diaplikasikan oleh para pemakai smartphone karena sistem yang digunakan untuk mengunci dan membuka sistem selalu di bawa ke mana-mana, sidik jari.

Fingerprint menghilangkan keresahan pengguna yang kerap lupa sandi, yang biasa dialami orang tua karena faktor usia.

Menjawab kebutuhan dan tantangan tersebut di atas, produsen smartphone lokal, Polytron mengklaim akan ikut mengadopsi sistem keamanan fingerprint dalam produksi terbarunya nanti. 

"Fingerprint sensor memungkinkan kecepatan dalam membuka smartphone hanya dalam waktu 0,2 detik saja. Kami berencana mengadopsinya untuk smartphone terbaru yang akan meluncur dalam waktu dekat," ujar pihak Polytron dalam keterangannya, Selasa 25 Oktober 2016.

Kabarnya, jika tidak ada perubahan jadwal maka smartphone terbaru itu akan segera dirilis pada awal November tahun ini.

Menurut pihak yang tidak ingin disebutkan namanya itu, penggunaan fingerprint sensor Polytron itu cukup mudah, cepat, dan aman. Pengguna hanya harus menempelkan saja sidik jari pada touchpad sensor fingerprint yang berada di belakang tepat di bawah lensa kamera

Menarik dan uniknya, letak atau posisi fingerprint sensor ada pada bagian belakang layar. Tepatnya persis di bawah lensa kamera utama. Posisi fingerprint sensor dan touch ID di belakang bukanlah hal yang aneh. 

"Riset dan penelitian yang sudah dilakukan oleh Polytron, posisi tersebut justru sangat memudahkan penggunanya dalam menempelkan sidik jari. Tak mengherankan, tidak hanya Polytron, vendor smartphone lain pun ada yang mengikuti jejak langkah Polytron dalam hal posisi atau peletakan fingerprint sensor dan touch ID di belakang," katanya.

Ini bukan kali pertama Polytron merilis smartphone dengan teknologi fingerprint. Sebelumnya Polytron  sudah memperkenalkan generasi Polytron Zap 6 dengan fingerprint sensor dan touch ID. Fitur fingerprint sensor dan touch ID pada generasi smartphone yang sebentar lagi akan dirilis mengalami peningkatan yang signifikan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP