TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Grabchat, Inovasi Terbaru dari Grab

Inovasi chat ini membuat pengemudi dan pengguna tak perlu bayar pulsa.
Grabchat, Inovasi Terbaru dari Grab
Aplikasi grab. (Grab.)

VIVA.co.id – Sebagai layanan pemesanan kendaraan online, Grab mencoba merangkul komunikasi yang terjadi antara pengguna dan para mitra pengemudinya. Untuk itu, melalui fitur GrabChat yang berupa fitur pesan instan, Grab berharap dapat menghadirkan proses penjemputan lebih cepat dari biasanya.

GrabChat yang dibangun di dalam aplikasi Grab ini, memungkinkan pengguna tak perlu lagi harus menghabiskan pulsa untuk keperluan mengirim pesan SMS atau menelpon kepada nomor mitra pengemudi Grab. Dengan GrabChat, layanan komunikasi tersebut bisa dilakukan.

Co-Founder Grab, Hooi Ling Tan menjelaskan, GrabChat merupakan pembaruan fitur yang sederhana tetapi sangat bermakna kehadirannya. Sebab, bisa mempermudah dan mempercepat proses penjemputan bagi penumpang dan pengemudi lewat komunikasi yang dibentuk melalui GrabChat.

Lebih lanjut lagi, kata dia, banyak mitra pengemudi Grab yang mengandalkan panggilan telepon dan SMS sebelum menjemput untuk dapat menemukan penumpangnya, mengabarkan waktu kedatangan, atau menginformasikan bahwa mereka sudah sampai di lokasi penjemputan

"Terlebih lagi, kami juga tengah melihat pertumbuhan yang signifikan dari penumpang yang menggunakan layanan Grab di luar negara asalnya, dan ketersedian GrabChat ini akan membantu mitra pengemudi untuk berkomunikasi dengan penumpang dengan nomor luar negeri tanpa perlu khawatir akan biaya panggilan telepon yang mahal," ujar dia melalui keterangan tertulis, Senin, 24 Oktober 2016.

Fitur GrabChat bisa menghemat hingga 85 ribu SMS untuk mitra pengemudi dan 45 ribu SMS untuk penumpang hanya dalam periode waktu satu minggu.

Namun, untuk saat ini fitur GrabChat masih dalam bentuk uji coba beta testing yang terpilih bagi pengemudi dan penumpang di Malaysia dan Singapura. Grab tidak menyebutkan secara pasti, kapan fitur pesan instan ala Grab itu tersedia di Indonesia

GrabChat saat ini dapat digunakan untuk layanan GrabCar dan GrabTaxi, dan akan tersedia bagi seluruh perangkat Android dan iOS secara bertahap dalam minggu ini. Untuk memanfaatkan fitur GrabChat, silahkan unduh aplikasi Grab terbaru dari Google Playstore atau App Store.

Fitur Inovasi Lainnya

Selain GrabChat, Grab juga menghadirkan inovasi berupa fitur yang bernama "Auto Translation", di mana itu akan memudahkan komunikasi di antara mitra pengemudi dengan penumpang, meski beda bahasa. Fitur ini mendukung Bahasa Indonesia, Inggris, Melayu, Mandarin, Thai, dan Vietnam

"Kami memiliki product roadmap yang dikembangkan dengan baik untuk meluncurkan fitur-fitur baru dan fungsi-fungsi yang lebih hyperlocal untuk mempermudah komunikasi untuk penumpang lokal dan wisatawan asing kepada para mitra pengemudi kami. Grab ingin menjadi pilihan tumpangan berkendara Anda di seluruh Asia Tenggara," tambah Hooi Ling.

Fitur-fitur pembaruan yang akan datang untuk GrabChat antara lain:
Auto translation untuk pesan untuk memungkinkan komunikasi yang lebih mulus antara pengemudi dan wisatawan asing dengan dukungan Bahasa untuk Bahasa Inggis, Bahasa Melayu, Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, Bahasa Thai, dan Bahasa Vietnam.

Proses terjemahan berkelanjutan dari pesan-pesan template untuk semua negara berdasarkan analisa dari pesan-pesan yang paling sering diketik, untuk meningkatkan pesan-pesan template, memastikan pilihan yang tersedia tetap relevan dan bermanfaat.

Memungkinkan pesan lokasi dan multimedia berdasarkan penilaian atas kenyamanan pengguna untuk berbagi atau mengirimkan foto dari lokasi mereka untuk proses penjemputan yang lebih cepat.

Memperluas GrabChat untuk layanan lain seperti GrabBike, GrabHitch, GrabExpress dan GrabFood untuk pengalaman pengguna yang lebih seragam dalam aplikasi Grab.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP