Q3 2016, Total Penjualan Global PC Turun 5,7 Persen

Ilustrasi/Penggunaan komputer.
Sumber :
  • ANTARA/Eric Ireng

VIVA.co.id – Pasar PC memang semakin hari semakin menurun. Di kuartal ketiga tahun ini saja, menurut perusahaan riset Gartner, pengapalan PC global turun sekitar 5,7 persen dibanding kuartal yang sama 2015  lalu.

Bukan Bertambah, di Masa Depan Sampah Elektronik Justru Berkurang

Laporan Gartner menyebut ada 68,9 juta unit PC yang dikapalkan kuartal ketiga ini. Ini merupakan penurunan selama delapan kuartal berturut-turut. Juga disebut sebagai penurunan dengan durasi terlama dalam sejarah industri PC.

Dilansir melalui Cellular News, Gartner memprediksi beberapa hal yang dihadapi oleh pasar PC dunia. Selain melemahnya kebutuhan PC di pasar konsumer juga kurangnya permintaan PC untuk sekolah, khususnya pasar negara berkembang.

Lenovo Sabet Gelar PC Terlaris pada Kuartal Ketiga 2022

"Daur hidup PC sangat panjang sehingga banyak dari pengguna memutuskan untuk tidak melakukan upgrade PC lagi. Selain itu, mayoritas konsumen memiliki dan menggunakan setidaknya tiga perangkat berbeda, namun PC bukanlah perangkat yang utama bagi konsumen," ujar analis dari Gartner, Mikako Kitagawa.

Sedangkan di negara berkembang, kata Kitagawa, penetrasi PC memang rendah namun masyarakatnya kurang tertarik menggunakan PC. Masyarakat di negara berkembang lebih tertarik menggunakan smartphone atau phablet untuk kebutuhan komputasi mereka.

Pengiriman PC Global Dilaporkan Anjlok

Pengapalan PC tahun ini masih didominasi oleh pemain lama. Lenovo disebut Gartner berada di posisi pertama untuk penjualan PC di dunia. HP berada di posisi kedua disusul oleh Dell.

Di Asia Pasifik, pengapalan PC mencapai total 24,7 juta unit di kuartal ketiga tahun ini. Angka ini menunjukkan penurunan 7,6 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Dell UltraSharp 40 Curved.

Dell Hadirkan Monitor 5K Bersertifikasi Bintang Lima

Dell Technologies meningkatkan standar inovasi layar monitor dan menerima penghargaan CES 2024 Innovation Award Honoree dengan memperkenalkan ini.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024