TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Q3 2016, Total Penjualan Global PC Turun 5,7 Persen

Total hanya 68,9 juta unit PC yang dikapalkan sampai kuartal ini.
Q3 2016, Total Penjualan Global PC Turun 5,7 Persen
Ilustrasi/Penggunaan komputer. (ANTARA/Eric Ireng)

VIVA.co.id – Pasar PC memang semakin hari semakin menurun. Di kuartal ketiga tahun ini saja, menurut perusahaan riset Gartner, pengapalan PC global turun sekitar 5,7 persen dibanding kuartal yang sama 2015  lalu.

Laporan Gartner menyebut ada 68,9 juta unit PC yang dikapalkan kuartal ketiga ini. Ini merupakan penurunan selama delapan kuartal berturut-turut. Juga disebut sebagai penurunan dengan durasi terlama dalam sejarah industri PC.

Dilansir melalui Cellular News, Gartner memprediksi beberapa hal yang dihadapi oleh pasar PC dunia. Selain melemahnya kebutuhan PC di pasar konsumer juga kurangnya permintaan PC untuk sekolah, khususnya pasar negara berkembang.

"Daur hidup PC sangat panjang sehingga banyak dari pengguna memutuskan untuk tidak melakukan upgrade PC lagi. Selain itu, mayoritas konsumen memiliki dan menggunakan setidaknya tiga perangkat berbeda, namun PC bukanlah perangkat yang utama bagi konsumen," ujar analis dari Gartner, Mikako Kitagawa.

Sedangkan di negara berkembang, kata Kitagawa, penetrasi PC memang rendah namun masyarakatnya kurang tertarik menggunakan PC. Masyarakat di negara berkembang lebih tertarik menggunakan smartphone atau phablet untuk kebutuhan komputasi mereka.

Pengapalan PC tahun ini masih didominasi oleh pemain lama. Lenovo disebut Gartner berada di posisi pertama untuk penjualan PC di dunia. HP berada di posisi kedua disusul oleh Dell.

Di Asia Pasifik, pengapalan PC mencapai total 24,7 juta unit di kuartal ketiga tahun ini. Angka ini menunjukkan penurunan 7,6 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP