TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Usai Krisis Galaxy Note 7, Samsung Minta Tolong 'Musuh'

Samsung melobi LG untuk bisa memasok baterai bagi Galaxy S8.
Usai Krisis Galaxy Note 7, Samsung Minta Tolong 'Musuh'
Logo Samsung (recordere.dk)

VIVA.co.id – Samsung tidak patah arang usai dilanda krisis Galaxy Note 7. Meski memutuskan menghentikan produksi dan distribusi Galaxy Note 7, Samsung tetap mempersiapkan perangkat terbarunya, Galaxy S8 yang rencananya bakal dirilis awal tahun depan. 

Belajar dari kegagalan baterai dari Galaxy Note 7, Samsung dikabarkan 'meminta tolong' pesaingnya dari Korea Selatan, yaitu LG. 

Dikutip dari The Korea Herald, Kamis 20 Oktober 2016, Samsung memang tidak punya pilihan banyak setelah pemasok baterai perangkat mobile pada Galaxy Note 7, Samsung SDI, dianggap tak berhasil. Dalam kasus penarikan kembali (recall) Galaxy Note 7 gelombang pertama, baterai pasokan Samsung SDI dituding sebagai biang keladi. 

Nah terkait dengan hal tersebut, Samsung diketahui sedang melobi LG Chem, divisi baterai LG, agar mau menyuplai baterai bagi Galaxy S8. Selain mengajak LG Chem, Samsung juga memutuskan untuk meminta suplai baterai dari perusahaan China, ATL. 

"Kami sedang mencari beragam pemasok (baterai) termasuk LG Chem," kata salah sau eksekutif Samsung dikutip Maeil Business Newspaper. 

Sebenarnya, isu Samsung meminta bantuan LG untuk memasok baterai sudah berhembus sejak keputusan recall Galaxy Note 7 pada gelombang pertama. Tapi saat itu mengingat periode pengembangan baterai setidaknya butuh enam bulan, maka tidak memungkinkan baterai LG dipakai pada Galaxy Note 7. 

Samsung meminta bantuan kepada LG tergolong langka, sebab keduanya merupakan ‘musuh’ dalam semua produk elektronik konsumen mulai dari smartphone sampai perangkat rumah dan TV. 

Samsung dan LG jarang saling menolong kemungkinan untuk menjaga rahasia teknologi produk mereka masing-masing. Tapi belum lama ini Samsung mendapat pasokan modul kamera smartphone mereka dari LG Innotek, divisi dari LG Group. 

Sejauh ini belum bisa dikonfirmasi sejauh mana progres kerja sama kedua perusahaan tersebut. 

Sementara para insinyur Samsung saat ini sedang berjuang keras untuk menemukan penyebab ledakan Galaxy Note 7. Kemungkinan baterai menjadi penyebabnya, tapi terbuka kemungkinan adanya berbagai faktor yang diyakini menjadi biang dari overheating baterai yang akhirnya menyebabkan kebakaran. 

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP