TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Ilmuwan Bikin Peta Bima Sakti Paling Rinci

Peta rinci bisa memecahkan misteri seputar Bima Sakti.
Ilmuwan Bikin Peta Bima Sakti Paling Rinci
Peta Bima Sakti paling detail (www.phys.org)

VIVA.co.id – Dengan kemajuan teknologi yang semakin mutakhir, segala kemungkinan bisa saja dilakukan, termasuk membuat peta galaksi Bima Sakti. Astrofisikawan Australia dan ilmuwan Jerman akan membuat peta paling rinci yang pernah ada soal Bima Sakti.

Ilmuwan dari Australia tengah bekerja dan merancang peta Bima Sakti tersebut. Mereka bekerja sama dengan para peneliti di Jerman dengan memanfaatkan teleskop radio terbesar di dunia. 

Kolaborasi keduanya untuk memetakan Bima Sakti ini dinamakan proyek HI4PI. Mereka akan saling bahu-membahu meneliti keberadaan gas hidrogen yang ada di sekitar lingkungan Bima Sakti, sehingga itu akan membantu untuk memecahkan misteri galaksi ini.

Untuk itu, profesor Naomi McCLure-Griffiths dari Australian National University (ANU), mengatakan, penelitian ini akan mengungkapkan pertama kalinya rincian secara halus dari struktur antara bintang yang di Bima Sakti.

"Gas yang tampaknya sangat kecil dapat membantu mengungkap bintang di Bima Sakti yang sudah terbentuk selama miliaran tahun yang lalu," ucap McClure-Griffiths dikutip dari Phys, Kamis, 20 Oktober 2016.

Dalam perjalanannya untuk memetakan Bima Sakti ini, peneliti akan menggunakan dua teleskop, yaitu Parkes Obsevatory yang berada di Australia dan Radio Telescope Effelsberg yang ada di Jerman.

Pada akhirnya, setelah dapat memetakan Bima Sakti dengan sajian yang paling rinci yang pernah dibuat, maka itu akan menjadi penghubung menemukan jawaban-jawaban dari pertanyaan tentang Bima Sakti dan galaksi-galaksi yang mengelilinginya.

"Bagaimana Bima Sakti mendapatkan gas baru yang diperlukan untuk membentuk sebuah bintang? Dan, di mana semua galaksi kerdil mengelilingi Bima Sakti? Langkah-langkah berikutnya pasti akan lebih menarik lagi," tuturnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP