NASA: Bumi Aman dari Asteroid dalam Ratusan Tahun ke depan

Asteroid dalam perjalanan ke Bumi (ilustrasi)
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA.co.id – Peneliti astronomi berbagai universitas di Amerika Serikat telah mengumumkan ancaman asteroid berbentuk ikan yang akan menabrak Bumi. 

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Asteroid bernama 2000 ET70 yang seukuran gunung dan punya lebar dua mil itu membuat astronom tersebut was-was dan berusaha mencari kemungkinan dampaknya jika menabrak Bumi. 

Namun berbeda dengan para astronom, peneliti di Badan Antariksa AS (NASA) malah punya pandangan lainnya. NASA membantah kekhawatiran astronom tersebut.

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Dikutip dari Ibtimes, Rabu 19 Oktober 2016, NASA malah menyebutkan dalam pemantauan mereka, NASA tak menemukan adanya asteroid atau objek luar angkasa yang mengancam Bumi dalam waktu dekat. 

"NASA tak mengetahui adanya asteroid atau komet yang berada pada jalur tabrakan dengan Bumi, sehingga kemungkinan tabrakan besar sangat kecil. Bahkan hal paling terbaik yang bisa kami sampaikan, tidak ada objek besar yang mungkin menyerang Bumi dalam beberapa ratus ke depan," tegas juru bicara NASA dalam keterangannya. 

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

Sang jubir itu juga mengatakan, sejauh ini NASA telah membuat deteksi asteroid dalam prioritas utama dan telah mengembangkan strategi untuk mengidentifikasi asteroid yang bisa menimbulkan risiko bagi Bumi. 

Pernyataan NASA itu membantah kekhawatiran para astronom. Sebelumnya dalam temuannya belum lama ini, astronom tersebut melabeli asteroid 2000 ET70 sebagai objek yang potensial mengancam Bumi. 

Asteroid raksasa itu sebelumnya telah melintasi Bumi pada 2012 lalu. Jaraknya saat itu 18 jarak Bumi ke Bulan. Mengingat jarak dan risiko ukuran baru antariksa itu, dalam kalkulasi astronom, asteroid raksasa itu bisa menyebabkan gelombang pasang besar dan gempa bumi raksasa yang bisa memusnahkan kehidupan di Bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya