TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

NASA: Bumi Aman dari Asteroid dalam Ratusan Tahun ke depan

NASA membantah kekhawatiran sejumlah astronom.
NASA: Bumi Aman dari Asteroid dalam Ratusan Tahun ke depan
Asteroid dalam perjalanan ke Bumi (ilustrasi) (dailymail.co.uk)

VIVA.co.id – Peneliti astronomi berbagai universitas di Amerika Serikat telah mengumumkan ancaman asteroid berbentuk ikan yang akan menabrak Bumi. 

Asteroid bernama 2000 ET70 yang seukuran gunung dan punya lebar dua mil itu membuat astronom tersebut was-was dan berusaha mencari kemungkinan dampaknya jika menabrak Bumi. 

Namun berbeda dengan para astronom, peneliti di Badan Antariksa AS (NASA) malah punya pandangan lainnya. NASA membantah kekhawatiran astronom tersebut.

Dikutip dari Ibtimes, Rabu 19 Oktober 2016, NASA malah menyebutkan dalam pemantauan mereka, NASA tak menemukan adanya asteroid atau objek luar angkasa yang mengancam Bumi dalam waktu dekat. 

"NASA tak mengetahui adanya asteroid atau komet yang berada pada jalur tabrakan dengan Bumi, sehingga kemungkinan tabrakan besar sangat kecil. Bahkan hal paling terbaik yang bisa kami sampaikan, tidak ada objek besar yang mungkin menyerang Bumi dalam beberapa ratus ke depan," tegas juru bicara NASA dalam keterangannya. 

Sang jubir itu juga mengatakan, sejauh ini NASA telah membuat deteksi asteroid dalam prioritas utama dan telah mengembangkan strategi untuk mengidentifikasi asteroid yang bisa menimbulkan risiko bagi Bumi. 

Pernyataan NASA itu membantah kekhawatiran para astronom. Sebelumnya dalam temuannya belum lama ini, astronom tersebut melabeli asteroid 2000 ET70 sebagai objek yang potensial mengancam Bumi. 

Asteroid raksasa itu sebelumnya telah melintasi Bumi pada 2012 lalu. Jaraknya saat itu 18 jarak Bumi ke Bulan. Mengingat jarak dan risiko ukuran baru antariksa itu, dalam kalkulasi astronom, asteroid raksasa itu bisa menyebabkan gelombang pasang besar dan gempa bumi raksasa yang bisa memusnahkan kehidupan di Bumi.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP