TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Intip Z2, Smartphone Samsung OS Tizen di Indonesia

Ponsel ini diperuntukkan bagi pengguna smartphone awal.
Intip Z2, Smartphone Samsung OS Tizen di Indonesia
Samsung Z2, ponsel pintar bersistem operasi Tizen (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Samsung Electronics Indonesia mengumumkan kehadiran ponsel pintar terbarunya, Z2. Berbeda dari produk lainnya, kali ini unit terbaru Samsung tersebut menggunakan sistem operasi (OS) buatan Samsung, Tizen.

Samsung menyebutkan, kehadiran Z2 yang didukung dengan OS Tizen ini merupakan yang pertama kali diboyong perusahaan asal Korea Selatan itu di Tanah Air. Samsung mengungkapkan, Tizen adalah buah hasil inovasi yang dirancang untuk jadi ekosistem produk-produknya di masa mendatang.

Sampai saat ini, Tizen tak hanya sudah di taruh pada smartphone saja, melainkan juga diaplikasikan pada perangkat wearable, televisi, hingga mesin cuci hasil produksi mereka.

"Kami yakin bahwa Tizen adalah bagian dari masa depan perangkat teknologi, di mana konektivitas antarperangkat akan menjadi kebutuhan bagi para pengguna teknologi," ucap Presiden Samsung Electronics Indonesia, Jaehoon Kwon di Ballroom Hotel Intercontinental, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2016.

Meski telah 'menabur' benih-benih Tizen di berbagai produknya, Samsung nyatanya belum percaya diri langsung menyematkan Tizen pada ponsel pinter kategori premium. Head of Product Management IT and Mobile Samsung Indonesia, Danny Galant, mengatakan, Z2 ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin beralih dari ponsel jadul ke ponsel pintar.

"Z2 ini kita sasar untuk kalangan yang beralih dari feature phone ke smartphone. Apalagi, Tizen ini mempunyai kelebihan dari sisi interface (antarmuka) yang mudah dan sederhana," kata Danny.

Walaupun Z2 hadir untuk membidik pasar entry level tapi Samsung memberikan teknologi terkini, berupa akses internet cepat melalui 4G Long Term Evolution (LTE). Sehingga, penggunanya dapat mencicipi akses layanan 4G yang saat ini sudah dibangun oleh berbagai operator seluler.

Secara tampilan, Z2 terlihat sederhana hanya mengusung lebar layar 4 inci dengan resolusi 800x400 piksel. Untuk kameranya, Z2 tidak digunakan bagi pecinta swafoto, karena masih menggunakan resolusi VGA.

Dari sisi dapur pacunya, produk anyar Samsung in punya prosesor quad core dengan kecepatan 1,5 GHz yang dipadu dengan RAM 1 GB, memori internal mencapai 8 GB, serta kapasitas baterai 1500 mAh. Samsung membanderol Z2 dengan harga Rp900 ribu. 

Samsung Z2, ponsel pintar bersistem operasi Tizen

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP