TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Kirin 960, Prosesor Octa-Core Tercepat dan Baru dari Huawei

Diklaim mengalahkan kecepatan E-Series dan Snapdragon.
Kirin 960, Prosesor Octa-Core Tercepat dan Baru dari Huawei
Meski terlambat, Huawei tetap hadirkan P9 di tahun Ini (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Seperti Apple, Huawei merupakan produsen ponsel yang membuat prosesor sendiri. Yang terbaru, perusahaan asal China itu membuat Kirin 960.

Kirin 960 diluncurkan beberapa hari lalu di Shanghai. Untuk membuktikan kehebatan prosesor itu, Huawei melakukan uji coba smartphone berbasis Kirin 960 melawan iPhone 7 dan Samsung Galaxy Note 7. 

Hasilnya, dilansir dari Cnet 19 Oktober 2016, smartphone Huawei mampu mengungguli dua perangkat lainnya  saat membuka 14 aplikasi paling popular di China. Setidaknya 13 dari 14 aplikasi itu lebih cepat terbuka dengan menggunakan smartphone Huawei yang sudah mengadopsi Kirin 960, ketimbang membuka menggunakan iPhone 7 dan Galaxy Note 7.

Prosesor dengan empat inti (Octa-core) itu berasal dari empat buah core ARM Cortex-A73 dan juga empat buah Core A53. Ini akan menjadi CPU pertama yang menggunakan Graphic Processing Unit (GPU) ARM Mali-G71 MP8 yang baru. Artinya, di atas kertas, perangkat yang dipersenjatai dengan prosesor baru Huawei ini akan sangat mendukung aktivitas para mobile gamer.

Selain performa, Huawei mengklaim, Kirin 960 juga  akan mampu meningkatkan daya tahan baterai. Menurut pihak Huawei, smartphone yang bisa digunakan bermain Pokemon Go selama setengah hari, jika dilengkapi dengan Kirin 960 maka daya tahannya akan lebih lama, sekitar 1,5 hari bermain Pokemon Go.

Prosesor dianggap merupakan jantung dari smartphone yang ada. Jika Huawei memiliki Kirin 960, kebanyakan smartphone menggunakan chip buatan pabrikan lain, seperti Samsung yang menggunakan Qualcomm Snapdragon, atau Apple yang menggunakan prosesor A-series untuk iPhone.

Kirin 960 dikabarkan akan mulai disematkan di produk terbaru Huawei, seperti Mate 9, atau produk ternama Huawei P9 yang popular dengan kamera dua lensa.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP