TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Grab Luncurkan Layanan Nebeng yang Aman

Layanan nebeng tersebut yaitu GrabHItch.
Grab Luncurkan Layanan Nebeng yang Aman
Grab Indonesia meluncurkan layanan Nebeng (VIVA.co.id/Mitra Angelia)

VIVA.co.id – Grab Indonesia resmi meluncurkan layanan terbarunya, GrabHitch (Nebeng). GrabHitch merupakan layanan berbagi tumpangan menggunakan sepeda motor dengan sistem terjadwal, mencocokkan perjalanan ke tempat kerja dan pulang ke rumah antara pengemudi dan penumpang dengan arah atau rute yang sama. 

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, layanan tersebut sementara ini masih tersedia untuk perjalanan ke tempat kerja dan pulang kerja di Jakarta. Dengan memanfaatkan layanan ini, kata Ridzki, tujuan pulang akan terasa lebih hemat, dengan rute perjalanan jarak jauh lebih dari 15 kilometer, seperti ke Bekasi, Depok, Tangerang dan lainnya. 

"GrabHitch bisa membantu mengurangi kemacetan Jakarta," ujar Ridzki saat peluncuran GrabHitch di Senayan Golf, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2016.

Menurut data, Ridzki mengatakan, sebanyak 69,46 persen dari 1,3 juta komuter melakukan perjalanan sehari-hari dengan kendaraan pribadi, dan lebih dari setengahnya adalah pengguna kendaraan roda dua. Sementara jika kesempatan itu digunakan untuk Nebeng, kemacetan Jakarta bisa berkurang. 

Keuntungan Grab dari layanan GrabHitch adalah mereka tetap memotong dari tarif atau sistem bagi hasil. Sedangkan manfaat layanan nebeng bagi si pengemudi, yaitu dana untuk bahan bakar bisa tertutupi. 

Marketing Director Grab Indonesia, Mediko Azwar mengatakan, untuk tarif perjalanan jarak jauh yang melebihi 15 kilometer dikenakan tarif dasar sebesar Rp1000 per kilometer dan biaya minimum Rp20 ribu. 

Untuk pengemudi, Mediko mengatakan, tetap ada sistem mendaftar ke Grab Indonesia. Hal itu dilakukan guna mengikat pengemudi demi keamanan penumpang. 

"Supaya jelas, dari Grab ada asuransi (kecelakaan) juga," kata dia. 

Mediko mengatakan selain mendaftar, mitra pengemudi harus punya kelengkapan surat motor pengemudi, seperti SIM, STNK dan lainnya. 

Selain itu, untuk keamanan, pengguna dan pengemudi nantinya akan disarankan untuk log in ke akun Facebook mereka. Hal ini untuk kecocokan kedua belah pihak, apakah ingin penumpang atau pengemudi yang sesama jenis. "Jadi kalau takut suaminya mendapat pelanggan wanita,  jangan khawatir," ujar dia. 

Promo GrabHitch berlaku pada 19 hingga 26 Oktober 2016 dengan memasukkan kode GRABHITCHNEBENG sebelum melakukan pemesanan, maka pelanggan dapat potongan Rp5 ribu. 

Dari enam negara yang tersedia Grab, tiga di antaranya telah tersedia layanan GrabHitch yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura. Namun layanan nebeng untuk sepeda motor hanya tersedia di Indonesia, untuk di Malaysia dan Singapura, layanan nebeng yang tersedia yaitu roda empat. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP