TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Dua Dekade Beroperasi, XL Ingin Satu Miliar Koneksi

Menghubungkan semua perangkat Internet of Things via XL Go dan Home.
Dua Dekade Beroperasi, XL Ingin Satu Miliar Koneksi
Perayaan ulang tahun XL Axiata (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – PT XL Axiata Tbk (XL) memasuki usia barunya ke-20 sebagai perusahaan yang terus memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan telekomunikasi di Indonesia. Pada usia dua dekade itu, XL punya keinginan untuk berkontribusi dalam mewujudkan visi satu miliar koneksi dalam industri telekomunikasi nasional di masa depan.

"Dalam rentang 20 tahun berkiprah melayani masyarakat Indonesia, XL telah mempelopori banyak hal yang kemudian bukan saja telah ikut memajukan industri, namun juga meningkatkan layanan kepada pelanggan, serta memperbesar kontribusi sektor telekomunikasi pada pembangunan nasional,” kata Presiden Direktur XL, Dian Siswarini di Hotel Raffles, Jakarta, Selasa malam, 18 Oktober 2016.

Dian mengatakan, sebagai entitas bisnis di Indonesia, XL mempunyai tanggung jawab untuk ikut meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan layanan telekomunikasi, layanan internet dan data yang mampu menunjang kinerja dan produktivitas masyarakat. 

Dian menuturkan, dengan iklim usaha yang kondusif, serta potensi pasar layanan data yang masih cukup besar di Indonesia hingga tahun-tahun ke depan, dia yakin XL akan mampu melayani masyarakat Indonesia dalam memasuki era digital. 

“Untuk itu pula, XL juga sudah siap menghadirkan layanan-layanan yang bersifat one shop solution yang melalui jaringan internet, akan mampu diakses dari berbagai penjuru dunia," ucapnya.

XL yakin dengan visi koneksi 1 miliar, sebab di masa mendatang beragam layanan data digital yang mampu melayani kebutuhan sehari-sehari masyarakat, seperti halnya berbasis e-commerce, Internet of Things (IOT), e-channel yang terintegrasi, periklanan mobile, hiburan digital, dan solusi keuangan berbasis mobile. 

Maka dari itu, XL menggelar jaringan teknologi 4G yang lebih canggih dengan mengadopsi teknologi 4 Transmitter 4 Receiver (4T4R) yang dapat memaksimalkan 4G LTE hingga dua kali lipatnya. Dengan demikian, XL menjadi operator Indonesia yang menghadirkan layanan 4,5G.

Dua paket layanan

Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 tersebut, XL juga memperkenalkan dua layanan mobile broadband 4G LTE untuk menunjang mencapai visi koneksi 1 miliar, yakni XL Go dan XL Home. Layanan ini ditujukan bagi yang belum memiliki smartphone 4G tapi bisa mengakses jaringan 4G melalui MiFi atau router yang bisa dibagi ke-10 sampai 32 smartphone atau laptop.

XL Go akan mempermudah masyarakat dan pelanggan dalam mengakses serta memanfaatkan internet cepat untuk berbagai keperluan produktif. XL Go mampu menghadirkan kecepatan akses internet hingga 150 Mbps.

Sementara itu, XL Home bermanfaat memenuhi kebutuhan keluarga serta ‘XL Biz’ untuk membantu pengembangan bisnis kalangan usaha kecil dan menengah (UKM). Saat ini XL sudah mendesain paket-paket layanan yang menarik dan sesuai untuk kalangan yang beragam tersebut.

Pelanggan dan masyarakat luas bisa memperoleh produk XL Go dan XL Home mulai 10 Oktober 2016 melalui ribuan pusat jalur penjualan XL di seluruh Indonesia seperti XL Center, toko-toko XL, retail outlet, agen-agen 4G. Selain itu, juga bisa diperoleh melalui saluran penjualan online dan toko ponsel terkemuka di Indonesia. 

Saat ini, XL melayani lebih dari 44 juta pelanggan, termasuk di antaranya 24 juta pelanggan data, dengan dukungan infrastruktur jaringan yang handal. Infrastruktur jaringan milik XL tersebut berupa 72.500 BTS, termasuk kurang lebih 6.600 BTS 4G, serta lebih dari 40 ribu kilometer jaringan serat optik yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Khusus layanan XL 4G LTE, hingga saat ini telah menjangkau masyarakat di 88 kota di Indonesia dengan sekitar delapan juta pelanggan, dan akan menjadi 100 kota di akhir tahun yang terlayani oleh 4G LTE XL.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP