TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Berkeringat

Salah satu olahraganya adalah push-up.
Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Berkeringat
Robot yang bisa keluarkan keringat. (U-Report)

VIVA.co.id – Tim ilmuwan dari Universitas Tokyo, Jepang, menciptakan sebuah robot bernama Kengoro yang bisa berolahraga hingga mengeluarkan keringat.
 
Mengutip situs Christian Science Monitor, Selasa 18 Oktober 2016, Kengoro memiliki bentuk tubuh yang persis sama dengan manusia. Mulai dari lengan, kaki dan kepala, yang diposisikan sama seperti manusia.

Kengoro juga memiliki tinggi badan 1,7 meter. "Maksud dari menciptakan robot bisa olahraga hingga berkeringat ini tujuannya sebagai pendingin ‘tubuh’ robot," kata Toyotaka Kozuk, salah satu ilmuwan Universitas Tokyo.

Seperti pada manusia, lanjut Kozuk, aktivitas olahraga membuat otot-otot mengubah energi kimia menjadi energi mekanik. Dalam kondisi seperti itu, keringat keluar selain sebagai reaksi panas tubuh, tapi juga sebagai pendingin tubuh.

“Robot yang bisa berolahraga dan mendinginkan (tubuh), tentu terinspirasi dari manusia," katanya.

Ia lalu mencontohkan, olahraga yang bisa dilakukan oleh Kengoro adalah ‘push-up'. Robot ini bisa melakukan push-up selama 11 menit, dan tentu saja, mengeluarkan keringat. Keringat lalu 'diolah' menggunakan sistem pendingin pasif untuk mendinginkan tubuh Kengoro kembali.

Pada dasarnya, Kozuk menjelaskan, merancang robot yang bisa berkeringat dan diubah menjadi pendingin tubuh, adalah menggunakan frame untuk proses deionisasi.

Kerangka frame dibuat berpori sehingga tersebar ke seluruh tubuh Kengoro dan tetap menjaga mesin agar selalu dingin.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP