TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Veteran Softbank Masuk Jajaran Petinggi Grab

Ming Maa juga pernah bekerja di Goldman Sachs.
Veteran Softbank Masuk Jajaran Petinggi Grab
Logo Grab. (REUTERS/Edgar Su)

VIVA.co.id – Grab mengumumkan penunjukkan Ming Maa untuk bergabung ke dalam perusahaan, mengisi posisi sebagai Presiden yang bermarkas di Singapura. Untuk diketahui, Ming Maa merupakan veteran dari Softbank dan Goldman Sachs.

Sebagai Presiden Grab, Ming akan memainkan peran baru. Secara garis besar akan bertanggung jawab untuk mendorong aktivitas-aktivitas pengembangan perusahaan, termasuk kemitraan strategis dan kesempatan investasi, pengembangan dan eksekusi dari strategi pasar terbaru, mengelola struktur kapital perusahaan secara keseluruhan, dan aktivitas korporat lainnya.

Group Chief Executive Officer (CEO) dan Co-Founder Grab,Anthony Tan menuturkan, sosok Ming di matanya. Menurutnya, Ming adalah orang yang sangat strategis, dan wawasan yang dimilikinya lebih dari beberapa dekade dalam bidang investasi di Amerika Serikat dan Asia, akan menjadi nilai tambah yang luar biasa seiring dengan perjalanan Grab untuk memperluas kepemimpinan pasar di Asia Tenggara.

"Sebagai startup dengan modal terbaik di Asia Tenggara, kami tetap fokus menjadi yang terdepan dalam menciptakan pengalaman terbaik untuk para pengguna, selagi menumbuhkan platform transportasi yang utama, kami juga mengembangkan GrabPay, platform pembayaran kami. Penunjukkan Ming merefleksikan komitmen kami untuk menghantarkan pertumbuhan dan inovasi yang berkelanjutan, dan kami sangat senang untuk dapat menyambut Ming bergabung dalam tim," ungkap Anthony dalam siaran persnya, Selasa, 18 Oktober 2016.

Ming mempunyai pengalaman lebih dari 12 tahun mengarungi bidang keuangan dan investasi di seluruh penjuru Amerika Serikat dan Asia. Sebelum di Grab, Ming bagian dari Softbank Group Corp, sebuah perusahaan teknologi global dan salah satu investor utama Grab selama ini.

Ming memiliki peranan penting dalam bertanggung jawab atas berbagai investasi SoftBank di perusahaan-perusahaan terdepan dalam industri ride-sharing dan e-commerce, termasuk investasi Seri D untuk Grab pada bulan April 2015 dan tambahan investasi Seri F pada bulan September 2016. Pada pendanaan Seri F kemarin, Grab meraih investasi US$750 juta atau setara Rp9,8 triliun.

Sebelum ke SoftBank, Ming merupakan Principal di Ancora Capital Management Pte Ltd yang berbasis di Jakarta. Sebelum bergabung dengan Ancora, antara tahun 2000-2012, Ming merupakan Vice President untuk Merchant Banking Division di Goldman Sachs, berbasis di Tokyo dan San Francisco.

Di Goldman Sachs, Ming mengelola investasi di seluruh spektrum industri dan melayani sejajaran perusahaan teknologi dan media. Ming mendapatkan gelar Bachelor of Science dan Master of Science dari Massachusetts Institute of Technology.

Disampaikan Grab, bergabungnya Ming karena melihat perusahaan transportasi online ini telah memanfaatkan kesempatan pertumbuhan yang dihadirkan oleh meningkatnya populasi kelas menengah dan pengguna mobile, khususnya Indonesia, dan juga Grab telah berinvestasi secara strategis terhadap kapabilitas pembayaran mobile untuk memungkinkan pengalaman transaksi harian yang mulus.

"Saya sangat senang dapat bergabung dengan tim Grab yang penuh dengan talenta, dan untuk dapat memanfaatkan pengalaman saya dalam industri e-commerce dan ride-sharing, untuk membangun kesuksesan Grab, seiring dengan upaya kita untuk menciptakan ekosistem mobile generasi berikutnya di Asia Tenggara," ungkap Ming.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP