Bandwidth 35GB Disiapkan untuk Pekan Paralympic Nasional

Media Center Utama Peparnas 2016
Sumber :
  • Telkom

VIVA.co.id – Setelah sukses dengan Pekan Olah raga Nasional (PON) ke-19, Telkom kembali mendukung ajang olah raga Paralympic. Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) berlangsung di Bandung mulai 15 sampai 24 Oktober 2016.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Menurut pihak Telkom, meskipun skala event tidak sebesar PON namun alokasi bandwidth Internet yang disiapkan hampir sama, yakni sekitar 35 Gigabyte. Bukan hanya karena Peparnas merupakan hajatan nasional tapi juga karena Pemprov Jabar ‘cukup dekat’ dengan Telkom.

"Sebab ini hajatan nasional, apalagi Telkom selain official partner kegiatan, juga ‘tetangga’ Pemprov Jabar. Kantor kami berhadapan," ujar Amanuddin, Ketua Satuan Tugas PON XIX Peparnas XV PT Telkom, dalam keterangan resminya, Minggu (16 Oktober 2016.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Sejumlah layanan yang disediakan Telkom seperti layanan inti TIK yang disiapkan di enam titik. seperti Media Center Utama/MCU yang berlokasi di Hotel Ibis Jl Gatot Subroto, Command Center (Trans Luxury Hotel), Sekretariat Peparanas (Gedung Sate), Data Center (Diskominfo Jabar), Sub PB PON (Jl Wastukencana), dan Management Room MCU (Hotel Ibis).

"MCU akan diberikan perhatian lebih karena fasilitas layanan yang menggenapinya antara lain Pojok Media di 13 arena pertandingan, sertaoutdoor area sebagai area bersantai bagi para jurnalis yang berlokasi di samping MCU. Biasanya alokasibandwith 10 Mbps. Sekarang dinaikkan menjadi 20 Mbps untuk MCU dan publik," kata dia.  

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Ditambahkan Amanuddin, selain lokasi inti dan venue, perhatian khusus juga ada di beberapa lokasi pembukaan dan penutupan Peparnas, yakni Stadion Siliwangi.

"Sudah kami pasang 14 repeater (penguat WiFi, red), juga akan dilengkapi menara telekomunikasi compact dari anak perusahan kami, PT Telkomsel," katanya.

Sementara untuk jalur transportasi kedatangan dan kepulangan, BUMN TIK ini melakukan penguatan di tiga titik utama yakni Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Stasiun Kereta Api Kota Bandung, dan Bandara Internasional Soekarno Hatta tepatnya di Terminal 3 tempat transit jamaah haji. Pada tiga lokasi tersebut, juga dilakukan penguatan akses jaringan pada layanan Wifi.id.

Demikian pula dengan penguatan fasilitas telekomunikasi Telkom Group pada 13 hotel berbintang di Kota Bandung yang dijadikan tempat menginap dari 1.983 atlet dan 718 offisial, maupun 3.437 orang panitia pelaksana.  Hotel tersebut antara lain Hotel Ibis, Hotel Horison, Hotel Grand Preanger, Hotel Grand Tjokro, Hotel New Sany Rosa, dst.  

Melalui PT PINS, anak perusahaan mereka, PT Telkom juga menyiapkan sejumlah perangkat keras bagi kelancaraan even. Antara lain komputer sekitar 200 unit, CCTV, printer, ip phone, dan LCD yang dilengkapi dengan akses wifi.id yang didukung lebih dari 500 access point.

Sementara Telkomsel Area Jawa Barat menyiapkan sedikitnya 300 BTS/Base Transciever Station (2G, 3G & 4G) untuk menangani seluruh arene pertandingan. Di dalamnya sudah termasuk BTS baru dan mobile BTS (COMBAT).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya