Menanam Kreativitas Anak dari Kompetisi Robot

Ilustrasi/Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id – Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Robotic Organizing Commite Indonesia (ROCI) menggelar Kompetisi Robot Nasional (KRON) 2016. Dalam kompetisi ini diperlombakan robot-robot karya anak bangsa tingkat nasional untuk siswa TK, SD, SMP hingga SMA.

Video Robot Sampah Karya Siswi Madrasah Juara Kompetisi Internasional

Pimpinan PP IPTEK, Zulfan Adrinaldi mengatakan bahwa pihaknya berharap dengan adanya lomba yang diikuti oleh sebanyak 550 siswa ini akan meningkatkan kreativitas anak bangsa. mulai dari tingkat pendidikan dasar.

"Lomba robot biasanya kan dari perguruan tinggi. Tapi, saat ini kita mulai dari pendidikan dasar," kata Zulfan di Pusat peragaan Iptek, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu 16 Oktober 2016.

RoboMaster, Ajang Ahli Robotik Dunia 'Tebar Pesona'

Zulfan yang juga memiliki jabatan strategis di Badan Pusat Pengkajian Teknologi (BPPT) ini mengatakan bahwa teknologi robotika memang telah menjangkau masuk ke wilayah pendidikan sejak dini. Sayangnya, saat ini kemajuan teknologi robotika di Indonesia masih terbilang minim dibanding negara di luar Asia Tenggara.

"Tapi, kalau Asia Tenggara kita sudah bersaing. Kalau dibanding dengan Malaysia dan Thailand kita mungkin sudah selevel," ujarnya

Manfaat Jadi Orangtua yang Selalu Bilang 'Iya Boleh' ke Anak

Sementara itu, Vice President ROCI, Riza Muhida mengatakan bahwa pihaknya ingin mengasah kemampuan anak-anak agar lebih dapat berdaya saing di teknologi robotik menuju tingkat internasional. Kreativitas anak bangsa diyakininya mampu bersaing dengan negara lain.

"Saya yakin mereka bisa menciptakan inovasi baru yang nanti dinilai oleh juri, kita akan lihat ide-ide dari peserta seperti apa, dengan teknologi, ada gadget, ada sistem animasi, lalu ada robot-robot yang berguna bagi kehidupan, kita lihat desain mereka seperti apa," kata Riza yang juga merupakan salah satu juri di lomba tersebut.

Untuk diketahui, terdapat 13 Kategori perlombaan yang dikompetisikan dalam KRON 2016, diantaranya yaitu Brick Speed, Push Push/Sumo Robot, Animation Robotic, Volley Sport, 2 on 2 Sovver, MA Solving, , Robot, Robot Creative, Kinder Mission, Robot Theater, Humanoid, Trashure Hunt, dan Line Racing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya