Bayi Ini Lahir dengan Kondisi Lidah Seperti Orang Dewasa

Bayi baru lahir.
Sumber :
  • pixabay/cristianabella

VIVA.co.id – Terlahir dengan Beckwith Wiedemann Syndrome (BWS), bayi mungil bernama Paisley Morrison-Johnson ini memiliki lidah yang sangat besar hingga membuat dokter khawatir kondisi itu bisa membuatnya kesulitan bernapas.

Ahli Forensik Ini Pernah Diganggu Arwah Bayi, Ini Profil Dokter Stephanie Yulianto

BWS merupakan gangguan pertumbuhan yang sangat cepat dan hanya menyerang satu di antara 11 ribu kelahiran di dunia.

Dilansir The Sun, kondisi langka ini menyebabkan lidah Paisley tumbuh dengan ukuran dua kali ukuran mulutnya. Kondisi ini dikenal dengan istilah macroglossia. Bahkan para dokter pun terkejut dengan kondisi ini, mengatakan kalau itu lidah terbesar yang pernah mereka lihat.

Sisi Lain Kemacetan, Berbahaya Bagi Kelahiran Bayi

Hampir 90 persen bayi yang mengidap BWS memiliki lidah besar, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, makan, dan berbicara.

Akibatnya, hingga dia berusia enam bulan, Paisley harus diberi makan melalui selang gastronomi karena dia kesulitan untuk makan dan tidak mendapat nutrisi penting yang dibutuhkannya untuk tetap hidup.

10 Bayi yang Lahir dengan Kondisi Tak Biasa

Sementara pada minggu pertama kehidupannya, dia kesulitan bernapas hingga harus menggunakan ventilator. Meskipun sudah menjalani operasi untuk mengurangi ukurannya, lidah Paisley masih tetap tumbuh kembali dan menggantung keluar mulutnya.

Namun enam bulan lalu, Paisley menjalani operasinya yang kedua dan bisa tersenyum untuk pertama kalinya setelah otot lidahnya dipotong lebih dari enam inci.

Selain lidah yang membesar, gejala lain BWS adalah adanya lipatan atau kerutan di belakang telinga, satu bagian tumbuh lebih besar dari yang lainnya, dan berat lahir yang lebih tinggi dari biasanya.

Anak yang menderita kondisi ini memiliki risiko 7-25 persen mengidap tumor berpotensi kanker, jadi Paisley harus menjalani ultrasound dan tes darah setiap tiga bulan hingga berusia delapan bulan, saat risikonya menurun secara signifikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya