Manfaatkan Teknologi Baru, Layanan 4G XL Makin Ngebut

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – PT XL Axiata Tbk (XL) meningkatkan kinerja layanan 4G LTE dengan mengimplementasikan teknologi 4 Transmitter 4 Receiver (4T4R) 4x4 MIMO. Teknologi tersebut mampu menawarkan kecepatan akses hingga 300 Mbps.

Koneksi Internet Cepat, Solusi Kerja yang Produktif dan Efisien

Sebelumnya dalam menyediakan akses internet 4G, XL menggunakan teknologi 2T2R yang hanya memberikan kecepatan mencapai 150 Mbps. Sementara, untuk 4T4R dapat memberikan kecepatan dua kali lipatnya. Tak hanya itu, soal koneksinya juga jauh lebih stabil.

"Saat ini dan ke depan, XL fokus pada layanan 4G LTE. Selain terus memperluas cakupan wilayah layanannya, kami juga terus berupaya memaksimalkan performanya dengan menerapkan inovasi teknologi 4G LTE untuk meningkatkan experience pelanggan dan kapasitas jaringan," ungkap Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, di Grha XL, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2016.

Kecepatan Internet Indonesia Setara Kamboja dan Myanmar

Untuk penyediaan teknologi terbaru ini, XL berkolaborasi dengan Ericsson. Yessie mengatakan, implementasi ini akan bermuara pada penyelenggaraan layanan 4,5G dan implementasi 4T4R oleh XL ini menjadi pertama di Indonesia.

"Sebelumnya, XL sudah melakukan uji coba teknologi 4,5G lainnya, yaitu LTE Carrier Aggregation dengan tiga frekuensi 900 MHz, 1800 Mhz, dan 2100 Mhz, kemudian juga melakukan uji coba LTE-LAA dengan menggabungkan LTE carrier di 1800 MHz dengan LTE di frekuensi un-licensed 5Ghz," ucap Yessie.

Bekasi Jadi Kota dengan Internet Paling Ngebut di Indonesia

Yessie menyebutkan, pada pertengahan ini, XL telah mengimplementasikan 4T4R dengan 4x4 MIMO yang merupakan salah satu bagian dari teknologi 4,5G. Sekarang operator dengan warna biru tersebut telah menerapkan teknologi 4T4R di empat kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.  

"Kami sadar, teknologi akan terus berkembang dengan cepat, dan karenanya kami pun harus menyesuaikan diri agar selalu terdepan dalam inovasi teknologi ini. Semua hal ini kami lakukan antara lain sebagai bagian dari upaya kami memberikan layanan yang paling maksimal untuk pelanggan dan masyarakat," tuturnya.

Namun, sayangnya, perangkat yang mendukung teknologi 4T4R masih terbatas, hanya berfungsi pada iPhone 7 dan Galaxy S7. Meski demikian, XL melihat pada arahnya, teknologi akan ke sana, sehingga investasi XL untuk 4T4R tidak akan sia-sia.

"Sekarang handset yang mendukung 2T2R masih terbatas, tapi nanti arahnya akan ke 4T4R, sehingga investasi XL sekarang ini tidak akan sia-sia ketimbang harus investasi di 2T2R lagi baru 4T4R, itu malah dua kali investasi," Vice President XL, Rahmadi Mulyohartono.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya