TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Deretan Foto Langka Permukaan Bulan Beresolusi Tinggi

Foto itu diambil pesawat antariksa Jepang, Kaguya.
Deretan Foto Langka Permukaan Bulan Beresolusi Tinggi
Gambar permukaan Bulan (JAXA/NHK)

VIVA.co.id – Badan Antariksa Jepang (JAXA) merilis foto yang berbeda dari permukaan Bulan dengan gambar resolusi tinggi. Rangkaian gambar tersebut berasal dari pesawat antariksa JAXA, Kaguya. Gambar dari pesawat ini dianggap lebih nyata dan berbeda dibanding gambar permukaan Bulan pada umumnya. 

Biasanya kebanyakan orang mengenal permukaan Bulan dari gambar misi Badan Antariksa AS (NASA) Apollo 17 beberapa dekade lalu. Sementara foto permukaan Bulan lainnya biasanya diambil dari atas permukaan Bulan. 
 
Dikutip dari Arstechnica, Rabu 12 Oktober 2016, gambar yang diambil Kaguya diambil dari permukaan satelit Bumi tersebut secara langsung. Dengan demikian, gambar yang disajikan menunjukkan perspektif yang berbeda dari foto Bulan yang sudah ada. 

Pesawat Kaguya diluncurkan dari Bumi pada September 2007 kemudian mulai mengobit Bulan pada Oktober 2007.  Pesawat Kaguya mengorbit Bulan selama 1,8 tahun. Setelah itu, Kaguya diputuskan untuk mendarat di permukaan Bulan dan mendarat di dekat kawah Gill pada 10 Juni 2009. 

Pesawat ini membawa muatan dua kamera megapiksel CCD HDTV, satu telefoto dan satu kamera wide angle. Kamera tersebut kemudian mengirimkan video definisi tinggi di Bulan ke Bumi.

JAXA menuliskan, telah merilis semua data foto definisi tinggi Kaguya yang jumlahnya lebih dari 450 gambar. Gambar terbaru disebutkan termasuk foto dengan suar lensa yang makin menambah sentuhan dinamik pada permukaan Bulan. 

Titik pendaratan Apollo 17 (JAXA/NHK)

Gambar titik pendaratan Apollo 17 di Bulan

Kutub Selatan Bulan (JAXA/NHK)

Gambar Kutub Utara di permukaan Bulan

Kawah Clavius dan Moretus (JAXA/NHK) 

Gambar kawah Clavius dan Moretus di permukaan Bulan

Kawah Aitken (JAXA/NHK)

Gambar Kawah Aiken di permukaan Bulan

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP