TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Andromax M3Y, Mobile Wifi untuk Satu Peleton

Bisa digunakan oleh 32 orang.
Andromax M3Y, Mobile Wifi untuk Satu Peleton
Andromax M3Y (Viva.co.id)

VIVA.co.id – Menenteng mobile wifi (mifi) dan smartphone sudah menjadi tren saat ini. Selain memberikan akses yang lebih cepat ketimbang kartu sim selular, mifi juga bisa digunakan oleh banyak orang.

Mifi dari Smartfren ini, diberi nama Andromaz M3Y, diklaim bisa digunakan oleh banyak orang, bahkan hampir 32 orang, atau setara dengan satu peleton anggota militer. Saat digunakan bersama-sama, tentunya kecepatan akses akan melambat.

Namun, tidak demikian dengan Andromax M3Y. Kecepatan akan tetap stabil walau digunakan oleh banyak orang, setidaknya sampai 10 orang.

M3Y sejatinya diluncurkan bersamaan dengan M3Z. Keduanya memiliki fungsi dan kecepatan yang sama. Bahkan, bentuk kotaknya pun sama dan padat. Hanya saja, M3Y memiliki lengkungan di setiap sisinya, sehingga dari samping ukurannya terlihat lebih ramping. 

Memang tidak ada layar monokrom di M3Z, tidak seperti mifi Andromax sebelumnya. Karena itu, notifikasi hanya dihadirkan melalui gambar dan lampu kedip.

Terdapat beberapa ikon notifikasi yang melingkari tombol on/off. Dari indikator baterai, memutar ke atas ada indikator sinyal sambungan, lalu ada indikator WPS, dan indikator wifi.

Untuk menyalakan, tekan tombol aktivasi di bagian tengah. Semua akan menyala biru, tanda kesiapan perangkat. Cahaya berwarna biru mengindikasikan baterai penuh, atau kondisi sinyal baik, lalu bertahap menjadi hijau tanda baterai berkurang, atau low. Merah menandakan kondisi charging.

Sayangnya, tanpa layar notifikasi, kita harus sering-sering menerka berapa banyak baterai yang masih tersisa di perangkat ini. Sebab, di dalam aplikasi mysmartfren pun hanya didedikasikan untuk indikasi kuota internet, tidak ada pemberitahuan daya baterai. Namun, sebagai gantinya, Smartfren memberikan daya baterai yang cukup tahan lama di M3Y. Kapasitas baterainya 3000 mAh, atau memiliki waktu standby sampai dua hari dan waktu pemakaian nonstop selama 10 jam. 

Sebelum menggunakannya, terlebih dahulu anda harus mengaktifkan nomor kartu melalui Galeri Smartfren atau outlet pembelian. Setelah itu nomor bisa didaftarkan di my.smartfren.com, menggunakan nomor perdana dan PUK yang ada di bagian belakang sim card. Instal juga aplikasi mysmartfren untuk memungkinkan pembacaan kuota dan sinyal, serta memudahkan mengisi pulsa atau kuota Andromaz M3Y tersebut. Aplikasi tersebut sangat membantu mengingat tidak ada layar notifikasi di perangkat M3Y.

M3Y dilengkapi dengan chipset Qualcomm MDM 9307. Chipset ini diklaim mampu mengatur konsumsi daya lebih baik. Sedangkan teknologinya diklaim mengadopsi CAT4 yang kabarnya bisa mencapai akses sampai 150 Mbps.

Saat mencoba di sekitaran Pulogadung, diuji menggunakan Ookla Speed Test, kecepatannya memang lebih baik ketimbang wifi kantor yang menggunakan layanan internet bisnis milik salah satu operator seluler GSM. Untuk download satu aplikasi berukuran 50 MB saja hanya butuh waktu tidak sampai satu menit.

Berikut hasil speedtest menggunakan Ookla,

Andromax M3Y SpeedTest

(asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP