Risiko Buruk Astronaut Sepulang dari Planet Mars

Jejak Curiosity di Planet Mars
Sumber :
  • REUTERS/NASA/JPL/Handout

VIVA.co.id – Peneliti dari University of California, Amerika Serikat menemukan astronaut yang kembali dari perjalanan ke Planet Merah akan berisiko terkena demensia kronis. Demensia merupakan penyakit yang diakibatkan penurunan daya ingat seseorang. 

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Kesimpulan itu disampaikan ilmuwan setelah menguji coba sebuah tikus. Uji coba dilakukan oleh para ilmuwan terhadap tikus yang dipapari radiasi partikel bermuatan.
 
Selama enam bulan pertama tikus terpapar radiasi tersebut, kemudian diukur perubahan sel-sel otak tikus. Peneliti menyimpulkan, partikel bermuatan menyebabkan kerusakan otak jangka panjang yang signifikan akibat terjadi gangguan kognitif dan demensia.
 
Seperti dilansir Wired, Senin, 10 Oktober 2016, salah satu peneliti Charles Limoli mengatakan, penyebab gangguan kognitif dan demensia tersebut karena paparan partikel bermuatan sangat energik, seperti partikel bermuatan dalam sinar kosmik. Selama di dalam pesawat antariksa, astronaut akan terkena paparan partikel tersebut. 

“Ini bukan berita positif bagi astronaut. Lingkungan ruang angkasa menimbulkan bahaya yang unik bagi astronaut. Paparan partikel-partikel ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi sistem saraf pusat, yang dapat terjadi selama dan bertahan setelah perjalanan ruang angkasa yang sebenarnya,” ujar Limoli.

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Efek lainnya adalah penurunan kinerja, defisit memori, kecemasan, depresi dan gangguan pengambilan keputusan.

Sebelumnya, tikus dibawa ke dalam Ruang Laboratorium Radiasi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di Brookhaven National Laboratory, New York. Selama enam bulan tikus terpapar partikel bermuatan oksigen terionisasi penuh dan titanium.
 
Setelah itu, tikus kemudian dibawa ke University of California untuk diteliti lebih lanjut, seluruh efek yang ditimbulkan termasuk demensia, karena terjadi peradangan otak dan kerusakan saraf. Secara khusus, pencitraan mengungkapkan terjadi pengurangan dendrit dan duri pada saraf. 

Ilmuwan Buat Ide Gila untuk Ciptakan Oksigen di Mars

Hal itu menunjukkan, jaringan saraf otak telah rusak dan penurunan dendrit mengganggu transmisi sinyal antara sel-sel otak.

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024