TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Studi: Wanita Hamil Berjemur Lindungi Anak dari Hiperaktif

Vitamin D punya manfaat bagi perkembangan calon bayi.
Studi: Wanita Hamil Berjemur Lindungi Anak dari Hiperaktif
Ibu hamil sedang berjemur (birthologie.com)

VIVA.co.id – Para peneliti dari University of Southern, Denmark, menyatakan berjemur bagi wanita hamil bisa mencegah anak lahir mengalami hiperaktif. Peneliti mengatakan, hal itu terbantu berkat vitamin D yang didapat dari sinar matahari.

Niels Bilenberg, salah satu peneliti, mengatakan vitamin D juga bisa dipasok oleh wanita hamil dari minyak ikan, kuning telur. Vitamin D dari bahan selain sinar matahari, kata peneliti, manfaatnya sama melindungi anak dari hiperaktif.

Bilenberg menjelaskan, untuk sampai pada kesimpulan tersebut, mereka melakukan studi dengan mengukur kadar vitamin D pada tali pusar wanita hamil. Kemudian para wanita hamil tersebut diminta menyelesaikan kuesioner tentang perilaku mereka saat usia kandungan enam bulan.

Hasil studi itu, peneliti menemukan, anak yang lahir dari ibu yang kecukupan vitamin D bersumber dari sinar matahari terhindar dari gangguan perilaku Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

“Trennya jelas, ibu-ibu yang telah ‘mengambil’ vitamin D (dari sinar matahari), dan tingkat vitamin dalam darah tali pusar mereka lebih dari 25 nmol/L, memiliki anak dengan skor ADHD lebih rendah,” ujar Bilenberg seperti dilansir Telegraph, Senin, 10 Oktober 2016.

Bilenbert menuturkan, anak dengan hiperaktif juga bisa disebabkan oleh faktor usia ibu, perilaku merokok, meminum alkohol, obesitas dan lainnya.

Peneliti lainnya, Jens Banteng Aaby, menyatakan mereka pun terkejut jika penyebab gejala ADHD bisa diidentifikasi secara dini. Mereka menegaskan, perlu penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah vitamin D bisa melindungi anak lahir dari hiperaktif.

Sebelumnya, telah ada penelitian yang menyebutkan vitamin D memainkan peran penting dalam perkembangan awal otak anak. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP