TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Mengungkap Rahasia Angka 9:41 di Produk Apple

Angka 9:41 merupakan pertama kalinya Apple perkenalkan iPhone.
Mengungkap Rahasia Angka 9:41 di Produk Apple
Apple luncurkan iphone 6  (REUTERS/Stephen Lam)

VIVA.co.id – Bila Anda melihat dengan cermat, beberapa produk yang diperkenalkan atau dipromosikan lewat iklan oleh Apple, ada kesamaan satu sama lainnya. Apple selalu menyematkan penanda waktu pada produknya pada pukul 9:41.

Angka 9:41 selalu dipakai Apple dalam setiap produk untuk jenis iPhone, iPad, dan perangkat laptopnya, MacBook Pro. Lalu, apa yang membuat perusahaan bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat, itu menyematkan pukul 9:41 pada ketiga produk andalannya itu?

Laman Business Insider, Senin 10 Oktober 2016, mencoba mengungkap rahasia dibalik penggunaan 9:41 tersebut. Ternyata, pukul 9:41 merupakan waktu pertama kali iPhone generasi pertama diperkenalkan oleh Steve Jobs. "Hari ini, Apple akan kembali menemukan ponsel," ujar Jobs kala itu pada 9 Januari 2007.

Pada peresmian peluncuran iPhone generasi pertama itu, waktu menunjukkan pukul 09.42 dan Apple menggunakan angka itu pada setiap iklannya. Namun, angka tersebut berubah saat iPad pertama kalinya diperkenalkan dan menjadi pukul 09.41.

Usai iPhone menyematkan jam yang jatuh pada pukul 09.41, Apple pun menularkannya di produk MacBook Pro. Dan, angka tersebut terus berlanjut, meski kepemimpinan perusahaan telah dipegang Tim Cook pada produk iPhone 7 dan 7 Plus yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Tetapi, angka tersebut tak berlaku pada jam pintarnya Apple, yaitu Apple Watch. Business Insider mengungkapkan?, tradisi produk jam selalu mengacu pada angka 10:10. Mengapa, karena angka itu untuk menghindari penutupan logo atau merek yang selalu ditempatkan di bawah angka 12.

Namun, pada Apple Watch, perusahaan lebih memilih angka 10:09?. Tak ada alasan yang kuat kenapa Apple menggunakan pukul yang lebih awal, ketimbang produk jam lainnya. Kemungkinan alasan lebih simetris menjadi latar belakangnya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP