TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Bukti Jepang Berhasil dalam Teknologi Pangan

Jepang mampu manfaatkan Iptek sehingga tak kekurangan pangan.
Bukti Jepang Berhasil dalam Teknologi Pangan
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

VIVA.co.id –  Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menekankan pentingnya peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa. Dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka sebuah bangsa bisa menciptakan terobosan dan temuan untuk mendukung pengembangan bangsa.

Untuk itu, Zulkifli berpesan kepada seluruh mahasiswa Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) agar menimba ilmu dengan sungguh-sungguh di kampus, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Bangsa itu disebut maju dan besar apabila menguasai ilmu dan teknologi, sehingga bisa menghasilkan inovasi," ujar Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Kamis 6 Oktober 2016.

Dalam hal pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung kemajuan bangsa, Zulkifli mencontohkan, salah satu negara yang telah menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya dengan baik yaitu Jepang. Keberhasilan itu, bisa terlihat dari kemampuan negeri Matahari Terbit itu dalam memenuhi ketersediaan pangan yang cukup untuk masyarakatnya.

Keberhasilan Jepang itu berbanding terbalik dengan kondisi Indonesia, yang terkenal dengan agrarianya. Tapi, Zulkifli menilai, meski Tanah Air punya ekosistem agraria, namun hal itu kurang dimaksimalkan, sehingga sampai dengan saat ini bangsa Indonesia masih sering mengimpor bahan pangan.

Oleh karena itu, dia berpandangan agar pemerintah dan pemangku kepentingan bisa menjalankan sebuah terobosan.

"Kita harus mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis teknologi supaya produksi pangan semakin meningkat," kata dia.

Dia berharap, mahasiswa dapat berperan aktif melakukan riset ilmu pengetahuan dan teknologi dan memberikan pemikiran serta solusi atas permasalahan bangsa. 

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP