TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Line Ungkap Ada 6 Juta Pembaca Aktif Webtoon Tiap Bulan

Webtoon ternyata menjadi bacaan menarik bagi milenials.
Line Ungkap Ada 6 Juta Pembaca Aktif Webtoon Tiap Bulan
Aplikasi pesan instan Line (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Penggemar kartun di Indonesia ternyata cukup banyak. Setelah satu tahun hadir di tanah air, platform pesan instan yang menyuguhkan Webtoon, Line dikabarkan telah memiliki sekitar enam juta pembaca aktif tiap bulannya.

"Angka enam juta itu merupakan jumlah paling banyak jika dibandingkan pembaca Line Webtoon di negara lain," ujar Gina Fiany, selaku Manager Line Webtoon Indonesia, di kawasan Senopati,  Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2016.

Gina menyebut sampai saat ini tercatat sudah ada 88 judul Webtoon di Line. Di antara jumlah itu, sekitar 52 judul masih ditayangkan karena memiliki plot cerita bersambung. 

"Dari 88 judul kartun, ada 36 yang merupakan kartun buatan lokal. Sedangkan komikus resmi Line ada sebanyak 40 orang. Ada juga komikus amatir yang submit di webtoon challenge. ," tutur Gina.

Line Webtoon awalnya dimunculkan di Korea pada tahun 2004. Kemudian 2014 ekspansi ke global,  lalu bulan April 2015 baru masuk ke Indonesia. Ini menunjukkan jika Line tidak hanya berfungsi sebagai layanan komunikasi instan tapi juga beragam ide konten bisa disematkan di sini.

Perusahaan asal Korea itu berupaya untuk menarik para pekerja kreatif untuk menuangkan kreativitasnya lewat ajang Line Creativate 2016.

Managing Director Line Indonesia,  Ongki Kurniawan menyebut pada ajang Line Creativate 2016 kali ini mereka menargetkan sebanyak 10 ribu insan kreatif untuk ikut berkompetisi. Kompetisi Line Creativate 2016 sendiri akan diselenggarakan pada 18 hingga 20 November 2016 di Mall Gandaria City. 

"Ini ajang kedua kita adakan, setelah yang pertama sukses tahun kemarin. Line bisa menjadi platform terbaik untuk eksplorasi kreativitas dan berkarya," ujar Ongki.

Ongki menjelaskan,  ajang kompetisi creative Line kali ini menghadirkan kompetisi Line Webtoon (komik digital),  Line Stiker (ilustrasi stiker)  dan pertama kali dibuat kompetisi Game Developer. 

Line Creativate 2016 juga bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif  (Bekraf),  pada tanggal 8 Oktober pun,  Bekraf memulai roadshow kompetisi ini di lima kota, yakni Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. 

Untuk hadiah kompetisi Line Webtoon dan Line Stiker,  pemenang pertama mendapat Rp50 juta,  juara 2 Rp30 juta dan 3 Rp20 juta. Top 7 mendapat Rp5 juta. Tapi untuk Line Webtoon dikontrak resmi oleh Line Webtoon Indonesia. 

Sementara Game Developer,  juara satu, dua dan tiga mendapat decoding point Rp20 juta.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP