TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Tanggulangi Bencana, Indonesia Akui Mulai Andalkan Drone

Untuk bisa melakukan pencitraan jarak jauh tanpa harus ke lokasi
Tanggulangi Bencana, Indonesia Akui Mulai Andalkan Drone
Ilustrasi drone kirim barang ke konsumen (Google)

VIVA.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bersama beberapa instansi, seperti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lapan, dan Basarnas, mengadakan seminar pemanfaatan drone untuk penanggulangan bencana. Dalam acara tersebut, BNPB menekankan pentingnya peran Drone dalam penanggulangan bencana.

Pihak BPPT yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan, pihak nya telah mengembangkan drone untuk pemetaan bencana sejak beberapa waktu lalu.

"Kita bangun drone untuk mengetahui situasi di wilayah bencana. Kita pakai kamera resolusi tinggi. Contohnya untuk kasus longsor Garut, kita bisa ambil gambar dari atas berupa rekahan, atau retakan di permukaan, dengan bisa langsung mendapatkan dimensi retakan tersebut tanpa harus ke lokasi," ujar salah satu staf BPPT, Agus Kristijono, dalam seminar pemanfaatan drone di gedung BNPB Jakarta Pusat, Kamis 6 Oktober 2016.

Kepala pusat data informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Mugroho menjelaskan, potensi efektivitas penggunaan drone cukup tinggi. Ia melihat, prospek yang cukup bagus  dalam penggunaan drone.

"Menurut pengalaman BNPB, banjir Woyla di Maluku pada 2013, kita bisa minimalisir korban karena pemetaan drone yang dapat mengkalkulasi volume longsoran, arah longsoran, dan lainnya." ujar Sutopo. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP