TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Austroposeidon Magnificus, Dinosaurus dengan Tinggi 25 Meter

Dinosaurus paling besar yang pernah ditemukan di Brasil.
Austroposeidon Magnificus, Dinosaurus dengan Tinggi 25 Meter
Dinosaurus leher panjang (LATimes)

VIVA.co.id – Ilmuwan di Brasil, mengklaim telah menemukan kerangka fosil milik dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di negara itu. Hewan tersebut, digadang memiliki tinggi sekitar 25 meter dan hidup 70 juta tahun lalu.

Dinosaurus itu, dipercaya bernama Austroposeidon magnificus, masih satu keluarga dengan Titanosaurus. Mereka adalah dinosaurus vegetarian yang memiliki leher dan ekor yang panjang, namun berkepala kecil. 

Austroposeidon hidup di zaman Cretaceous di superbenua Gondwana, yang dulunya merupakan kesatuan dari beberapa benua seperti Amerika Selatan, Afrika, India, Antartika, dan Australia.

Ukurannya yang besar membuat Magnificus mampu mengalahkan Titanosaurus lain, Maxakalisaurus topai. Topai hanya memiliki ukuran 13 meter dari hidung sampai ekor. Titanosaurus itu sempat dinobatkan sebagai yang terbesar yang pernah ditemukan di Brasil.

Fosil-fosil Magnificus yang ditemukan para paleontolog itu bisa dibentuk kembali, untuk merekonstruksi ukuran asli dari hewan tersebut.

"Wilayah Brasil ini sangat kaya akan fosil. Dan, masih banyak yang akan kita temukan ke depannya," ujar Direktur Museum Earth of Science, Diogenes Campos, dikutip dari Latino Fox News, Kamis 6 Oktober 2016.

Awalnya, fosil tulang belakang dari dinosurus itu ditemukan pada 1950 oleh ahli paleontologi, Llewellyn Ivor Price. Sejak saat itu, meski penemunya telah meninggal pada 1980, fosil tersebut terus dianalisa dan dipelajari sampai sekarang. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP