TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Alibaba Perlahan Mulai Masuk ke Lazada

Melalui perusahaan logistik Cainiao dan integrasi dengan browser UCWeb
Alibaba Perlahan Mulai Masuk ke Lazada
Lazada ingin memberi kemudahan untuk konsumennya. (Viva.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Setelah diakusisi Alibaba April lalu, Lazada perlahan melakukan proses integrasi dengan perusahaan asal China itu. Beberapa langkah strategi telah dilakukan Alibaba untuk meningkatkan pertumbuhan Lazada, seperti proses pengiriman yang dipercepat dan juga platform yang dipercaya memberikan jumlah kunjungan lebih banyak.

"Pertumbuhan yang dialami oleh Lazada Indonesia terjadi dengan dukungan investasi dari Alibaba Group. Saat ini volume pertumbuhannya terus meningkat hingga lebih dari 150 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ujar Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia, di Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2016.

Menurut Holm, baik Lazada maupun Alibaba bersemangat untuk memulai proses integrasi. Guna mengurangi durasi waktu pengiriman terhadap konsumen, Lazada sudah mulai menggunakan Cainiao (jaringan logistik dengan 47 persen kepemilikan oleh Alibaba) untuk mengambil paket dari penjual Lazada di China. Lazada juga telah memiliki kerja sama dengan UCWeb (anak perusahaan Alibaba) untuk menghadirkan lebih banyak kunjungan ke platform Lazada dan menghasilkan penjualan yang lebih besar bagi para penjual di Indonesia.

"Jumlah pesanan produk dengan bebas biaya kirim menunjukkan peningkatan yang signifikan di kalangan konsumen, baik di kota besar maupun kota kecil di luar wilayah Jabodetabek, seperti Samarinda, Balikpapan, Makassar, Madiun, Medan, Palembang dan Bandung," kata Holm.

Holm mengungkapkan bahwa fast moving consumer goods (FMCG) dan Fashion memberikan kontribusi terbesar dalam pertumbuhan Lazada. Kedua kategori tersebut diklaim mengalami peningkatan lebih dari tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

"Selain itu, sekitar 80 persen pesanan dilakukan melalui perangkat mobile. Ini secara tidak langsung juga memberikan efek positif bagi pelaku UKM di tanah air. Kebanyakan di market place kami, serta platform business to consumer (B2C) dipenuhi dengan para UKM," kata Holm.

Dikatakannya, Lazada baru-baru ini juga memberlakukan berjualan gratis di marketplace gratis. Inisiatif ini diklaim memberikan dampak yang sangat signifikan kepada pelaku UKM yang tergabung di platform Lazada dengan peningkatan penjualan hingga sepuluh kali lipat sejak awal tahun 2016.

Tidak berhenti sampai situ. Beberapa strategi lainnya juga tengah dilakukan Lazada. Seperti menjalin kerja sama dengan merek ternama, macam L'Oreal Paris, yang diklai Holm, mampu meningkatkan penjualan 10 kali lipat bagi perusahaan kecantikan itu. 

Selain itu Lazada juga sedang menarik pengunjung dengan menggandeng brand Levi's. Mereka menjalankan kampanye Levi’s® 511 Slim Fit Jean untuk laki-laki dan Levi's® 711 Asia Skinny Jean untuk perempuan. Bahkan dimulai dari 11 November hingga 12 Desember (11.11 sampai 12.12), konsumen Indonesia akan disuguhi jutaan pilihan produk melalui flash sale atau beragam penawaran khusus.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP