TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

E-mail Google dan Microsoft Diklaim Aman dari Mata-mata

Tidak seperti Yahoo yang dikabarkan bekerja sama dengan FBI.
E-mail Google dan Microsoft Diklaim Aman dari Mata-mata
Ilustrasi e-mail atau surat elektronik. (Pixabay/Geralt)

VIVA.co.id – Usai e-mail Yahoo dilaporkan menjadi media mata-mata pemerintah Amerika, Microsoft dan Google langsung membuat pertahanan. Keduanya mengatakan bahwa layanan e-mail mereka, baik Outlook, Hotmail dan Gmail, bebas dari aksi mata-mata.

"Kami tidak pernah melakukan pemindaian secara rahasia terhadap e-mail yang ada di layanan kami. Tidak seperti apa yang telah dilaporkan dilakukan Yahoo selama ini," ujar juru bicara Microsoft kepada CNBC.

Tak hanya Microsoft, dengan e-mail Outlook dan Hotmailnya. Google, dengan layanan Gmail, juga menyatakan hal serupa.

"Kami tidak pernah mendapatkan permintaan dari badan intelijen untuk melakukan aksi mata-mata terhadap layanan e-mail. Walaupun ada, kami akan menjawab, tidak bisa," ujar juru bicara Google Alphabet.

Sebelumnya Reuters memberitakan bahwa Yahoo diam-diam melacak semua surat elektronik atau e-mail pelanggan, sejak tahun lalu. Informasi dari pelacakan tersebut guna diberikan kepada pejabat intelijen Amerika Serikat. Hal itu diungkapkan sumber-sumber yang mengetahui masalah tersebut, yakni dua orang mantan karyawan Yahoo dan satu sumber terdekat.

Mereka menyebut perusahaan memenuhi permintaan Pemerintah Amerika Serikat untuk mengklasifikasikan dan memindai jutaan akun Yahoo Mail itu. Permintaan tersebut datang dari Badan Keamanan Nasional atau FBI dalam bentuk perintah rahasia yang dikirim ke tim hukum perusahaan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP