TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Robot Mungil Toyota Bisa Jadi Teman Curhat

Kirobo mini tingginya cuma 10 sentimeter.
Robot Mungil Toyota Bisa Jadi Teman Curhat
Kirobo Mini, Robot Toyota Motor Corp (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

VIVA.co.id – Mengendarai mobil seorang diri, tentunya itu akan sangat membosankan karena tak ada teman untuk bercerita. Melihat situasi yang sering dialami pengemudi, Toyota mengembangkan robot yang bisa dijadikan 'teman curhat' selama perjalanan.

Robot tersebut bernama Kirobo Mini. Sesuai dengan sebutannya yang mini, robot rancangan pabrikan asal Jepang itu hanya memiliki tinggi sekitar 10 sentimeter. Sehingga, mungilnya robot bisa memudahkan pemiliknya untuk membawanya ke mana saja. termasuk ditempatkan di atas dashboard mobil.

Dikutip dari Computer World, Selasa 4 Oktober 2016, Kirobo Mini ini dikembangkan Toyota agar pengemudi bisa mempunyai 'seseorang' yang bisa mendengarkan cerita. Bahkan, robot ini juga bisa menanggapi orang-orang yang berbicara dengannya.

Toyota menyebutkan teknologi untuk mengembangkan Kirobo cukup sederhana sebagai teman curhat. Audio dikirimkan melalui mikrofon Kirobo ke smartphone lewat aplikasi pendukung. Nantinya, audio akan masuk ke layanan cloud Toyota sebagai cara dalam pengenalan suara dan membantu untuk menentukan respons yang tepat kepada orang-orang.

"Anak-anak di Jepang berbicara dengan boneka binatang mereka. Mereka tidak benar-benar berkomunikasi tetapi di dalam hati mereka berkomunikasi, mereka merasakannya. Jadi, orang-orang merasa lebih mudah untuk berbicara sesuatu seperti ini daripada berbicara dengan sistem navigasi," ujar Fuminori Kataoka, Manager Proyek Toyota yang merancang sistem Kirobo.

Kirobo Mini, Robot Toyota Motor Corp

Tak hanya soal merespons pembicaraan, Kirobo juga dapat bergerak, misalnya kepalanya bisa memutar untuk berhadapan dengan orang yang diajak bicara. Robot dengan dua mata besar ini juga bisa menggerakkan kedua tangannya, sehingga lebih ekspresif lagi.

Kecanggihan lainnya, Kirobo juga memiliki sebuah kamera yang tersemat di dalam dirinya. Kamera tersebut fungsinya dapat mengenali ekspresi wajah seseorang, dan Kirobo dapat menyesuaikan suasana hatinya saat tengah berbicara dengan orang itu.

Kirobo dapat beroperasi sebagai teman curhat selama 2,5 jam dengan kondisi baterai terisi penuh. Mengenai ketersediaan harganya, Toyota menjual Kirobo sebesar US$392 atau Rp5,06 juta dan itu belum termasuk untuk 300 Yen per bulannya untuk layanan cloud Toyota.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP