TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Bayi Robot, Solusi untuk Pasangan Tanpa Anak di Jepang

Kelahiran anak di Jepang terus berkurang.
Bayi Robot, Solusi untuk Pasangan Tanpa Anak di Jepang
Kirobo Mini, Robot Toyota Motor Corp (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

VIVA.co.id – Departemen non otomotif Toyota, Jepang, menciptakan robot bayi mungil sebesar genggaman tangan, robot dengan kecerdasan buatan ini diberi nama Kirobo Mini.
 
Dilansir dari The Guardian, Selasa, 4 Oktober 2016, Kirobo Mini dibuat untuk pasangan suami istri yang susah mendapatkan anak. Diketahui, di Negeri Matahari Terbit, angka kelahiran anak sudah berkurang.
 
Kirobo Mini hadir dengan kemampuan kecerdasan buatan. Dilengkapi kamera, sehingga dapat mengenali wajah orang yang berbicara untuk merespons balik.
 
“Robot mini itu sedikit bergetar, dan robot ini dimaksudkan untuk meniru bayi duduk yang belajar untuk menyeimbangkan dirinya sendiri," kata Kepala Insinyur Desain Kirobo Mini, Fuminori Kataoka. 
 
Kataoka mengatakan, Toyota sengaja merancang robot mungil itu tak sepenuhnya bisa duduk dengan tujuan membangun kekuatan emosional antara si robot bayi dengan pemiliknya.
 
Toyota berencana untuk menjual Kirobo Mini, robot yang bisa mengedipkan mata dan berbicara dengan suara bernada tinggi seperti bayi, dengan harga US$390 atau Rp5,06 juta di Jepang pada tahun depan .
 
Selain itu, Toyota juga melengkapi robot mungil itu dengan sebuah ayunan yang fungsinya sebagai kursi bayi agar bisa ditaruh di mobil pemilik robot tersebut.
 
Kehadiran Kirobo Mini pada tahun depan akan berbarengan dengan hadirnya robot Paro. Robot Paro merupakan robot pendamping bagi penderita lansia yang sudah demensia. Paro dikembangkan oleh salah satu perusahaan di Jepang.

Kirobo Mini, Robot Toyota Motor Corp

(ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP