TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Terungkap, Sebab Kematian Mammoth Terakhir di Inggris

Fosil lima Mammoth ini ditemukan dalam satu lubang.
Terungkap, Sebab Kematian Mammoth Terakhir di Inggris
Ilustrasi fosil Mammoth (EPA)

VIVA.co.id – Ilmuwan memecahkan teka-teki penyebab kematian lima Mammoth atau fosil gajah raksasa, yang ditemukan pada 1986. Diduga kelima Mammoth tewas terjebak dalam sebuah lubang ketel. Lubang ketel merupakan danau yang dihasilkan dari mencairnya massa es pada saat periode es.

Dilansir Dailymail, Senin 3 Oktober 2016, pada 1986 itu, ilmuwan menemukan fosil Mammoth dalam sebuah lubang berkerikil di Condover, Shropshire, Inggris. Ilmuwan pun curiga mengapa kelima Mammoth mati dalam lubang tersebut saat ditemukan. Kelima Mammoth kemungkinan terjebak pada lubang tersebut.

Setelah diusut, akhirnya ilmuwan pun menyimpulkan sekitar 14 ribu tahun yang lalu, lubang kerikil tersebut merupakan lubang ketel.

“Lubang ketel ini akan menjadi ‘madu’ perangkap,” kata Victoria Herridge, salah seorang peneliti fosil Mammoth.

Dilaporkan, awal tahun ini, tim ilmuwan di University of Exeter dan University of Cambridge, Inggris dengan menggunakan analisis statistik ‘menunjuk’ manusia sebagai dalang dibalik punahnya Mammoth.

Penemuan fosil Mammoth pada 1986 dilakukan secara sengaja oleh Eve Roberts. Saat berjalan dengan anjingnya, Roberts melihat ada tulang besar mencuat dari tumpukan tanah di tambang berkerikil di Condover. 

Kemudian bersama dengan profesor Adrian Lister, Herridge mencoba mendalami temuan tersebut. 

Fosil Mammoth Condover merupakan fosil Mammoth yang penting, sebab itu merupakan fosil Mammoth dewasa yang lebih terawetkan dibanding Mammoth yang ditemukan di tempat lain di Inggris. Mammoth di Condover merupakan satu-satunya kerangka pada masa akhir era es di Eropa Barat.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP