TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Investasi di 3G, XL Bantah Plin-plan

Strategi investasi pada 3G untuk menopang 4G.
Investasi di 3G, XL Bantah Plin-plan
Pekerja cek BTS XL di Bandung (PT XL Axiata)

VIVA.co.id – Saat operator seluler berlomba berinvestasi menggenjot jangkauan layanan 4G, PT XL Axiata Tbk (XL) justru giat menambah jaringan 3G pada frekuensi 900 MHz(U900). Menurut XL, apa yang dilakukannya saat ini juga turut menjadi bagian dari visi operator pada masa mendatang.

Vice President Network Planning and Development XL, Budi Harjono, mengatakan perusahaan berinvestasi pada 3G dengan melihat pengamatan dari kondisi pasar sekarang.

"Kita melihat kesiapan handset pelanggan. Kalau all out masuk ke 4G, ada gap dari 2G ke 3G ke 4G. Itu jauh sekali nantinya. Meski 3G, nantinya juga akan digunakan untuk keperluan 4G, tinggal turn on saja pada software-nya," ujar Budi di Menara Prima, Jakarta, Senin 3 Oktober 2016.

Selain itu, kata Budi, dari 11 ribu Base Tranceiver Station (BTS) yang tengah dibangun, 80 persen di antaranya merupakan kategori Single Radio Access Network (SingleRAN) atau dengan kata lain, BTS tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan jaringan 2G, 3G, hingga 4G.

Sementara itu, Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, mengungkapkan, visi XL untuk terus memperluas 4G tak pernah berhenti, seperti yang dilakukan sekarang.

"Jadi, strategi tidak ada perubahan atau plin-plan, tapi adjusment (penyesuaian) pasar. Pada akhirnya, U900 yang digunakan 3G sekarang, nanti kita gunakan juga untuk jaringan 4G. Jadi, investasinya sesuai yang akan digunakan ke depannya," tuturnya.

Mendukung IBP

Langkah XL mengimplementasi U900 adalah menyesuaikan dengan program Indonesia Broadband Plan (IBP) yang dicanangkan pemerintah dengan menyediakan layanan pita lebar (broadband) yang semakin luas hingga ke pelosok daerah. Implementasi U900 sekaligus menjadi sarana pendorong akselerasi perpindahan pelanggan dari 2G ke 3G atau 4G, serta memperluas cakupan layanan internet cepat di berbagai daerah, termasuk wilayah yang selama ini belum mendapat layanan internet memadai.
 
Sementara itu, implementasi U900 ini juga akan bisa meningkatkan kualitas layanan internet cepat di area-area yang sebelumnya sudah mendapatkan layanan 3G. Dengan jangkauan sinyal yang lebih baik, kecepatan layanan data internet akan tetap tinggi bahkan untuk wilayah perbatasan.

Satu hal yang memang menjadi target XL dalam implementasi U900 ini yaitu, meningkatkan pengalaman pelanggan pada layanan internet dan data.
 
Sejalan dengan perluasan implementasi layanan internet cepat 4G ke berbagai daerah yang saat ini sedang berjalan, implementasi U900 oleh XL ini sebagai langkah untuk lebih mempercepat pemerataan jaringan internet cepat di seluruh wilayah layanan, disesuaikan dengan ketersediaan frekuensi yang dimiliki. Sebelumnya, frekuensi 900 MHz dipergunakan XL untuk menyelenggarakan layanan berbasis 2G.
 
Dari total keseluruhan pelanggan XL saat ini, lebih 50 persen yang masih menggunakan jaringan 2G. Sementara itu secara industri, sebanyak 60-70 persen pelanggan masih menggunakan 2G. XL terus mendorong pelanggan agar beralih ke layanan 3G atau 4G yang memiliki kemampuan akses internet dan data lebih baik.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP