TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Deretan Kata di Google yang Disarankan dari Foke ke Ahok

Ada beberapa kata yang diarahkan ke pencarian dengan nama Ahok.
Deretan Kata di Google yang Disarankan dari Foke ke Ahok
Hasil pencarian Google (Tangkapan layar Google)

VIVA.co.id – Pengguna internet di Indonesia, kini sedang ramai membincangkan temuan hasil pencarian di Google. Saat pengguna mengetikan pencarian di Google dengan kata kunci ‘sungai bersih karena foke', mesin pencarian Google menyarankan nama Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok. 

"Mungkin yang Anda maksud adalah sungai bersih karena Ahok," demikian hasil pencarian dari Google. 

Pengguna Twitter yang lain juga penasaran dan mencoba membuktikan keanehan dari hasil pencarian tersebut.

"Dear pak @aniesbaswedan .. Saya ga nemuin sungai bersih karena pa foke ..," tulis akun @willz_only. 

Ternyata, beberapa kali dicoba mengganti beberapa subjek pada kata kunci ‘Sungai bersih karena foke’, maka hasil pencarian Google, juga akan menyarankan pencarian berkaitan dengan Ahok.

Misalnya, ketika dicoba mengganti kata 'sungai' dengan kata pemerintahan, pemukiman, rumah, kumis, gaji, pakaian maka hasilnya Google akan menyarankan ke pencarian terkait Ahok.

Topik terkait sungai bersih di Jakarta ini, sebelumnya disampaikan oleh calon Gubernur DKI, Anies Baswedan. 

Pada pekan lalu, Anies mengakui kondisi sungai di Jakarta saat ini sudah terlihat bersih. Namun, dia menegaskan, kebersihan sungai di Ibu Kota itu merupakan buah dari program dari beberapa Gubernur DKI. 

Anies mencontohkan, pada 2009, Gubernur DKI Fauzi Bowo, atau Foke merancang program kali bersih. Kemudian, program itu diteruskan oleh gubernur pengganti Foke, Joko Widodo. 

Anies juga mengatakan, program kali bersih dalam dua tahun belakangan ini dilanjutkan oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok, setelah Jokowi menjadi Presiden RI. 

Terkait temuan hasil pencarian ini, Google sudah kami hubungi namun, sejauh ini belum memberikan jawaban, atau penjelasan atas munculnya fenomena pencarian tersebut. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP