SpaceX Bertandang ke Indonesia, untuk Serah Terima Puing

Bekas roket Falcon 9 yang jatuh di Sumenep, Madura
Sumber :
  • Facebook/Thomas Djalamuddin

VIVA.co.id –  Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan, perusahaan antariksa swasta, SpaceX akan bertandang ke Indonesia membahas soal puing roket Falcon 9.
 
“Rencananya, Kamis 6 Oktober (2016),” kata Thomas kepada VIVA.co.id melalui pesan singkat, Jumat 30 September 2016.
 
Jika benar, rencananya SpaceX akan melihat langsung puing yang diduga bagian dari roket Falcon 9. Setelah melihat langsung wujud dari puing tersebut, kata Thomas, perusahaan antariksa itu akan langsung melakukan serah terima antara Lapan dan SpaceX.
 
“Ada (rencana SpaceX melihat puing) untuk diserahterimakan, kalau diperlukan. Tergantung hasil pembicaraan,” jelas Thomas.
 
Seperti diketahui, SpaceX mengakui benda misterius yang jatuh di Sumenep adalah miliknya. Hal itu diketahui berdasarkan pemantauan orbit yang mereka lakukan. Hasil pemantauan SpaceX sama dengan Lapan, yang mana dari pelacakan antara waktu melintas puing dan waktu jatuh di Sumenep terjadi pada saat yang sama.
 
Sebelumnya Thomas menjelaskan, roket bekas Falcon 9 melintas pada pukul 09.21 WIB, sedangkan benda yang jatuh di Sumenep terjadi kemarin pada pukul 09.00-10.00 WIB.
 
Sama juga dengan analisis dari astronom amatir, Muh Ma'rufin Sudibyo mengungkapkan, dari data yang didapatkan, pada Senin 26 September 2016 pukul 09.21 WIB, bekas roket itu melintas di atas Pulau Madura. Berdasarkan katalog benda antariksa North American Aerospace Defence Command (NORAD) bernomor 41730, teridentifikasi bekas roket itu adalah Falcon 9.
    

Roket 'Taksi' SpaceX Meluncur ke Luar Angkasa Bawa Dua Astronot NASA
Persiapan peluncuran Satelit Merah Putih milik Indonesia dari Amerika Serikat (AS).

Terbang Pakai Roket SpaceX, Satelit Satria Masih Punya Tantangan Lain

Manufaktur Satelit Satria dari Prancis, terbang pakai Roket Falcon 9.

img_title
VIVA.co.id
4 September 2020