TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Pankreas Buatan untuk Pasien Diabetes Siap Dijual

Harganya berkisar Rp65 juta sampai Rp104 juta.
Pankreas Buatan untuk Pasien Diabetes Siap Dijual
MiniMed 670G (Newsweek)

VIVA.co.id – Medtronic Plc akhirnya mendapatkan persetujuan dari Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk mengkomersilkan pankreas buatan bagi pasien diabetes tipe 1. Dengan perangkat mirip pompa insulin ini, penderita diabetes bisa mendapatkan dosis insulin yang tepat secara otomatis saat dibutuhkan.

Pompa insulin dengan nama MiniMed 670G dianggap sebagai terobosan baru bagi dunia kesehatan, khususnya penderita diabetes. Selama ini sejatinya sudah beredar beberapa jenis pompa insulin. Namun perangkat terbaru buatan Medtronic ini diklaim mampu mendeteksi kadar gula dalam tubuh secara akurat dan secara responsif bisa mengalirkan insulin dalam dosis yang tepat.

"Perangkat ini secara tidak langsung membebaskan penderita diabetes dari ketergantungan memonitor level glukosa setiap saat. Jadi tidak perlu lagi perangkat monitor glukosa portable dan penyuntik insulin manual," ujar Dr. Jeffrey Shuren, direktur divisi perangkat medis dari FDA, seperti dikutip dari Reuters, Jumat 30 September 2016.

Ternyata persetujuan dari FDA ini lebih cepat enam bulan dibanding target yang ditetapkan sebelumnya. Sayangnya, meski sudah disetujui, MIniMed baru akan tersedia di akhir 2017.

MiniMed 670G diklaim sebagai perangkat yang memungkinkan sensor glukosa berkomunikasi dengan pompa insulin dan secara otomatis mengatur alur insulin. Perangkat ini bisa digunakan untuk penderita diabetes tipe 1, berusia di atas 14 tahun.

Cara kerjanya, MiniMed akan mengukur level glukosa setiap lima menit dan secara otomatis akan menghantarkan insulin sesuai dosis yang dibutuhkan. Pasien tetap harus mengatur perangkat tersebut jika dibutuhkan dosis ekstra dan harus memeriksa perangkat saat melakukan kegiatan olahraga, yang notabene kan menurunkan tingkat glukosa dalam darah.

Saat ini, di Amerika saja, ada sekitar 1,25 anak dan orang dewasa yang menderita diabetes tipe 1. Kondisi ini lebih berbahaya dibanding tipe 2 karena pankreas pasien benar-benar tidak bisa memproduksi insulin. Padahal insulin sangat dibutuhkan untuk mengolah energi dari makanan.

Pada pasien diabetes tipe 1, injeksi insulin sangat dibutuhkan setiap waktu dan kontrol gula darah harus dilakukan kapan saja. Jika gula darah turun maka hal ini akan membahayakan dan sampai menimbulkan kematian.

"Perangkat ini diharapkan bisa membawa kedamaian bagi orang tua yang memiliki anak atau saudara menderita diabetes karena akan menjaga kadar gula untuk tetap normal sepanjang hari," ujar Derek Rapp, CEO Juvenile Diabetes Research Foundation, yang mengklaim telah menghabiskan US$116 juta untuk meneliti dan membuat purwarupa pankreas buatan ini.

Dijelaskan Rapp, Minimed berukuran kotak kecil dan bisa ditempatkan di sekitar pinggang, mirip dengan pager. Di dalamnya dilengkapi sensor seukuran koin, dan sebuah jarum lengkap dengan selang tipis dan pompa, yang akan bekerja sama menghantarkan insulin ke dalam tubuh.

Beberapa produsen pompa insulin sebelumnya adalah Johnson & Johnson, Tandem Diabetes Care Inc dan Insulet Corp. Mereka bekerja sama dengan Dexom Inc untuk mengembangkan perangkat mirip Medtronic.

"Sistem MiniMed memang merupakan terobosan yang cukup penting dalam dunia kesehatan. Namun yang paling canggih adalah bagaimana pasien benar-benar mendapatkan asupan insulin otomatis, tanpa harus melakukan pengaturan lagi, khususnya saat sesudah makan dan berolahraga," ujar analis Raj Denhoy.

Menurut Raj, mimpi untuk bisa mendapatkan pankreas buatan yang canggih itu bisa jadi akan terwujud dalam kurun lima tahun ke depan.

Harga MiniMed 670G diperkirakan sekitar US$5.000 atau Rp65 juta sampai US$8.000 atau Rp104 juta.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP