TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Gandeng Korea, BBM Bikin Game Mobile Makin Indonesia

BBM Game Center bakal hadir pada kuartal keempat tahun ini.
Gandeng Korea, BBM Bikin Game Mobile Makin Indonesia
Game Clash of Dynasty (COD) (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Creative Media Works, bisnis jaringan sosial mandiri yang berfokus pada konsumen dan pengoperasian BlackBerry Messenger (BBM), telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Neowiz Games untuk anak perusahaannya, B2Games. Kerja sama ini dalam rangka mengembangkan dan menjalankan BBM Game Center.

Kehadiran BBM Game Center direncanakan hadir pada kuartal keempat tahun ini. Pengguna yang memakai BBM Game Center dapat mengunduh game secara gratis dan bermain dengan pengguna lainnya, baik dioperasikan lewat platform iOS ataupun Android.

"Kerja sama kami dengan BBM, memungkinkan Game Center menawarkan suasana internasional dan beragam genre game kepada pengguna, namun tetap dilokalisasi sesuai dengan keadaan pasar Indonesia," ucap Chief Executive Officer (CEO) Neowiz Games Corp, Ki-Won Lee dalam siaran persnya, Kamis 29 September 2016.

Maksud dari lokalisasi game ini, karena kebanyakan game yang beredar sekarang ini di Indonesia disediakan pemasok game online global, sehingga bahasa yang digunakan bahasa Inggris.

Padahal, secara statistik pengguna game mobile aktif di Indonesia negara terpadat keempat di dunia. Berdasarkan laporan dari App Anie 2015 Retrospective, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pemain mobile aktif terbesar di Asia Tenggara, mencapai 30,7 juta.

Dari seluruh pemain mobile game aktif tersebut, 49 persen menghabiskan uang untuk game. Angka ini lebih besar dari seluruh wilayah Asia Tenggara dengan rata-rata 45 persen.

Jika dirinci, game strategi dan balapan adalah genre game paling top bagi pemain mobile game sehingga mereka rela menyisihkan uang untuk kedua jenis game tersebut. Survei Jakpat Mobile juga mengungkapkan, BBM adalah pemimpin yang tak terbantahkan di pasar Indonesia dengan 80 persen pengguna memilih BBM sebagai aplikasi mobile messaging paling sering digunakan.

Pengembangan berjalan dengan baik dengan kemajuan yang berarti dalam membangun antarmuka pemprograman aplikasi (API) dan software development kit (SDK), yang dioptimalkan. Dengan berpegang pada rentetan pengalaman di pasar game Korea Selatan yang sangat maju, Neowiz Games Corp, melakukan upaya serius untuk melokalisasi game ke dalam Bahasa Indonesia dengan terlibat secara aktif dalam pengadaan game melalui pihak ketiga, menyajikan data analisis mendalam, melokalisasi pemasaran dan layanan pelanggan.

"Pertumbuhan pasar mobile gaming di Indonesia sangat jelas," kata Ki-Won Lee.

Neowiz Games Corp yang berdiri pada 2007, dikenal sebagai perusahaan asal Korea Selatan yang berhasil melahirkan berbagai game dari berbagai genre, seperti Special Force, FIFA online, hingga Cross Fire.

Sedangkan, B2Games adalah perusahaan gabungan, yang dibangun Neowiz Games Corp, Mobirix, perusahaan mobile game dunia, bersama Avancera, spesialis pemasaran dan perdagangan di Asia Tenggara, untuk mengembangkan dan mengelola platform BBM Game Center.

CEO Creatice Media Works, Matthew Talbot, yang mengelola BBM secara global, mengatakan BBM tetap menjadi aplikasi messaging yang paling banyak dipasang dan digunakan di Indonesia. Pengguna selalu mencari lebih banyak kegiatan di aplikasi messaging karena aplikasi itulah yang mereka gunakan setiap hari, bahkan beberapa kali dalam sehari.

"BBM Game Center melengkapi layanan baru kami, seperti, konten News/Berita dan Video, dan akan ada lebih banyak layanan baru, yang semakin menarik, dalam beberapa bulan ke depan," kata Talbot.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP