TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Studi: Bayam Bisa Hasilkan Energi Listrik dan Hidrogen

Prosesnya mirip seperti fotosintesis.
Studi: Bayam Bisa Hasilkan Energi Listrik dan Hidrogen
Ilustrasi bayam (Pixabay/kkolosov)

VIVA.co.id – Terinspirasi cerita kartun Popeye yang memakan bayam untuk menghasilkan energi, ilmuwan mencari tahu kegunaan bayam selain memang sehat bagi tubuh manusia. 

Ternyata, dari riset yang dilakukan oleh peneliti dari Technion-Israel Institute of Technology, Israel, ditemukan bayam ternyata bisa menghasilkan energi listrik dan bahan bakar hidrogen.
 
Dengan mencampurkan bayam dengan sinar Matahari dan air, dedaunan tersebut bisa menghasilkan energi listrik dan bahan bakar hidrogen. Sel bayam meninggalkan membran yang bisa memproduksi listrik dan bahan bakar hidrogen.
 
“Kami menggunakan teknik bio-photo-electro-chemical (BPEC), teknik untuk menghasilkan tenaga listrik, hidrogen dan oksigen, yang mana air hanya bahan baku saja,” kata para peneliti seperti dilansir Tech Times, Kamis 29 September 2016.
 
Penelitian ini dilakukan oleh tiga mahasiswa doktoral dari Technion Israel Institute of Technology yaitu Roy Pinhassi, Dan Kallmann dan Gadiel Saper dengan bimbingan dari senior mereka.
 
Pinhassi menjelaskan, proses bayam dicampur sinar Matahari dan air menghasilkan energi listrik, diibaratkan seperti proses fotosintesis. Proses tersebut melibatkan senyawa berbasis besi sebagai media untuk mentransfer elektron dari membran biologis ke sirkuit listrik.
 
Sementara, gas hidrogen terbentuk ketika arus listrik terkena sel fotovoltaik kecil, yang mengubah energi matahari menjadi energi kimia.

Jadi, menggunakan bayam sebagai energi listrik merupakan penggabungan membran fotosintesis alam dan sel fotovoltaik buatan manusia, dalam mengkonversi tenaga surya menjadi bahan bakar hidrogen.

Peneliti berharap, konversi semacam ini menjadi solusi untuk bahan bakar bebas polusi.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP