PBB Siapkan Misi Antariksa untuk Negara Berkembang

Pesawat Dream Chaser
Sumber :
  • www.nasa.gov

VIVA.co.id – Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) akan meluncurkan misi antariksa untuk pertama kalinya. Tujuan dari misi tersebu adalah memberikan kesempatan kepada negara berkembang yang belum mencicipi program antariksa.

Elon Musk Minta Pegawainya Fokus Misi ke Bulan dan Mars

Melalui pesawat antariksa Dream Chaser, negara-negara berkembang bisa turut terlibat dalam misi antariksa. Dalam pengumumannya di ajang International Astronautical Congress di Gualdalajara, Meksiko, penerbangan tersebut akan dilaksanakan pada 2021.

Sekadar informasi, Dream Chaser merupakan pesawat yang dirancang khusus untuk menembus ruang hampa dengan kemampuan penerbangan Vertical Takeoff Horizontal Landing (VTHL). Dream Chaser dikembangkan oleh Sierra Nevada Corporation.

NASA Kirim Pesawat Lagi untuk Pelajari Corona

Dilansir dari The Verge, Kamis, 29 September 2016, negara-negara berkembang bisa menempatkan muatan mikro untuk dibawa ke luar angkasa. Nantinya akan muatan itu akan dinilai United Nations Office of Outer Space Affairs (UNOOSA), apakah disetujui atau tidak. Perlu dicatat, misi ini untuk mempelajari perubahan iklim dan ketahanan pangan.

"Salah satu tanggung jawab inti dari UNOOSA adalah untuk mempromosikan kerja sama internasional dalam penggunaan damai luar angkasa," ungkap Direktur UNOOSA, Simonetta Di Pippo.

Luar Biasa, Wahana Voyager 2 Sampai di Area Paling Tepi Dunia

Dia mengatakan, dengan menggandeng Sierra Nevada Corporation sebagai pengembang pesawat antariksa, PBB bisa memanfaatkan bagi negara berkembang yang terdaftar di organisasi tersebut untuk penelitian muatan mikro.

"Banyak dari negara-negara tidak bisa merasakan program antariksa, karena minimnya infastruktur dukungan untuk menjalani program antariksa," tutur Di Pippo.

Roket New Shepard milik Blue Origin, perusahaan antariksa Jeff Bezos.

Pesawat Antariksa Orang Terkaya Nomor Satu Dunia Terbang Malam Ini

Pesawat antariksa milik Jeff Bezos yang juga rival Elon Musk dan Richard Branson, New Shepard, siap-siap terbang malam ini.

img_title
VIVA.co.id
25 Agustus 2021