TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ini Bayi Tabung dari Tiga Orang Tua Pertama di Dunia

Bayi tersebut sehat sampai saat ini.
Ini Bayi Tabung dari Tiga Orang Tua Pertama di Dunia
Bayi pertama yang dihasilkan dari bayi tabung tiga orang tua (www.newscientist.com)

VIVA.co.id – Kini ada cara baru dalam proses hamil bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF), yakni IVF ‘tiga orang tua’. Selama ini proses bayi tabung yang ada merupakan program reproduksi buatan yang menyatukan sel telur dan sperma di dalam tabung. Artinya dalam bayi tabung, sebenarnya cukup melibatkan sel telur dan sperma dari dua orang tua saja. 

Nah, bayi tabung tiga orang tua ini sudah menunjukkan tanda keberhasilan. Kasus pertama kali ditemukan pada sepasang orang tua berkebangsaan Yordania. Pasangan tersebut melakukan IVF tiga orang tua di Meksiko. Bayinya hasil bayi tabung orang tua itu lahir dalam keadaan sehat dan kini menginjak usia lima bulan. 

Lalu, apa fungsi dari IVF tiga orang tua ini?

Dilansir Science Alert, Rabu 28 September 2016, peneliti King College London, Dusko Ilic, menjelaskan, IVF tiga orang tua ini berfungsi untuk membuat bayi terhindar dari kondisi genetik mematikan yang diturunkan dari ibunya.
 
Ilic menjelaskan, istilah IVF tiga orang tua disebabkan karena melibatkan pihak ketiga, yakni perempuan yang sehat tanpa penyakit. Nah, wanita Yordania yang menjalankan IVF tiga orang tua ini diketahui menderita sindrom Leigh, yakni gangguan fatal pada sistem saraf. Penyakit tersebut diwariskan dari wanita.
 
Teknik yang dilakukan oleh ibu Yordania ini adalah pengalihan pronuclear. Jadi sebelum sel telur dan sperma orang tua disatukan di dalam tabung, inti sel telur ibu kandung diganti sel telur wanita pendonor sehat atau orang tua ketiga. Barulah, sel telur yang dinyatakan ‘sehat’ itu dikawinkan dengan sperma si orang tua laki-laki.
 
“Teknik ini menciptakan lima embrio. Tetapi hanya satu yang dikembangkan sehat, dan ditanamkan ke ibu. Bayi kini berusia lima bulan dan tampaknya akan berkembang secara normal, tanpa tanda-tanda sindrom Leigh,” kata Ilic.
 
Tapi ilmuwan masih banyak yang khawatir, prosedur IVF tiga orang itu dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi anak di masa depan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP