Lapan Ingin Teliti Bekas Roket yang Jatuh di Sumenep

Bekas roket Falcon 9 yang jatuh di Sumenep, Madura
Sumber :
  • Facebook/Thomas Djalamuddin

VIVA.co.id – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan bahwa benda misterius yang jatuh di di wilayah Sumenep, Madura, Jawa Timur pekan ini adalah bagian dari bekas roket Falcon 9 milik perusahaan antariksa swasta, SpaceX. Lapan diketahui sangat antusias untuk meneliti bekas roket tersebut.
 
“Berdasarkan hasil analisis Lapan, diduga kuat memang puing roket Falcon 9. Kami berniat untuk menganalisanya lebih jauh,” ujar Kepala Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Bandung, Clara Yatini kepada Viva.co.id melalui pesan singkat, Selasa, 27 September 2016.
 
Oleh karena itu, kata Clara, untuk menganalisa lebih jauh benda misterius tersebut, Lapan meminta agar puing roket Falcon 9 tersebut diijinkan untuk di bawa ke Bandung.
 
“Peneliti (Lapan Bandung) sekarang sedang menuju lokasi. (Falcon 9) sekarang masih di lokasi (Sumenep),” kata Clara.

Roket 'Taksi' SpaceX Meluncur ke Luar Angkasa Bawa Dua Astronot NASA

Sebelumnya, benda asing yang jatuh di Sumenep, Madura, sempat membuat heboh warga. Sempat menduga jika benda tersebut adalah bagian dari pesawat Lion Air. Namun hal ini dibantah oleh pihak penerbangan itu.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan dari perkiraan waktu jatuhnya benda tersebut, berbarengan dengan bekas roket Falcon 9 yang melintasi Sumenep. 
Thomas menuliskan, roket bekas Falcon 9 melintas pada pukul 09.21 WIB, sedangkan benda yang jatuh di Sumenep terjadi kemarin pada pukul 09.00-10.00 WIB. 

Roket SpaceX Diledakkan Buat Uji Coba

Sementara analisis dari astronom amatir, Muh Ma'rufin Sudibyo mengungkapkan dari data yang didapatkan, pada Senin 26 September 2016 pukul 09.21 WIB, bekas roket itu melintas di atas Pulau Madura, yang memiliki katalog NORAD (North American Aerospace Defence Command) bernomor 41730. 

Persiapan peluncuran Satelit Merah Putih milik Indonesia dari Amerika Serikat (AS).

Terbang Pakai Roket SpaceX, Satelit Satria Masih Punya Tantangan Lain

Manufaktur Satelit Satria dari Prancis, terbang pakai Roket Falcon 9.

img_title
VIVA.co.id
4 September 2020